Loading...

Informasi Kandungan dan Manfaat Buah Binjai

Buah Binjai yaitu buah yang masih menjadi kerabat dari tanaman mangga, yang membedakan tanaman ini dengan mangga adalah aroma buahnya yang harum dan memiliki rasa yang begitu manis. Biasanya, buah binjai dikonsumsi kala kondisi buahnya segar dan sudah matang. Banyak orang menjadikan buah ini sebagai bahan pelengkap minuman atau es dan beberapa orang lainnya mengolah buah yang satu ini menjadi kerupuk dan sambal. Penyebaran buah Binjai di Indonesia pada umumnya terletak di daerah Semenanjung Malaya, Kalimantan dan juga Sumatera atau di daerah lain yang tinggi datarannya hanya 400 hingga 800 m di atas permukaan laut.

Jika anda masih bingung membayangkan seperti apa bentuk pohon binjai ini, anda bisa browsing di internet. Disitu akan nampak tanaman dengan tinggi pohon 30 hingga 80 meter. Ketinggian pohon binjai ini sendiri dipercaya tidak akan melebihi 120 m. pohon tersebut kemudian dilengkapi dengan kulit pohon berwarna coklat keabu-abuan yang apabila disayat akan mengeluarkan getah berwarna putih yang berbau tajam dan bisa membuat kulit manusia merasa gatal apabila mengenainya.

Setelah berbicara tentang bentuk fisik, kini beralih ke kandungan gizi yang ada dalam buah binjai ini sendiri. Setiap 100 gram buah binjai, ternyata ada banyak gizi yang terkandung di dalamnya yang diantaranya: air (86,5 gram), protein (1 gram), lemak (0,2 gram), karbohidrat (11,9 gram), abu, tiamina, karotena, vitamin C (58 mg), dan energi yang mencapai 100 KJ. Dengan banyaknya kandungan bermanfaat tersebut, maka buah binjai pantas dinobatkan sebagai makanan sehat yang layak untuk dikonsumsi.

Berbicara tentang kandungan saja rasanya kurang lengkap jika tidak disertai dengan membahas tentang manfaatnya. Adapun manfaat dari buah binjai antara lain:

1. Sebagai bahan makanan.
Bisa dijadikan campuran es, campuran sambal, dan kerupuk.

2. Selain buahnya, biji buah binjai juga bisa dijadikan sebagai bahan makanan.
Cara mengkonsumsinya yakni dengan mengeringkan biji buah binjai, dan dimasak dengan lauk.
Itulah tadi beberapa manfaat dan kandungan dari buah binjai yang mungkin bermanfaat dan dapat memperluas khazanah ilmu pengetahuan para pembaca sekalian.

loading...
Loading...
Informasi Kandungan dan Manfaat Buah Binjai | lawas | 4.5