Loading...

Info Penyakit: Penyakit Kanker

Penyebab dan Gejala KankerKanker adalah golongan penyakit yang ditandai oleh pertumbuhan sel yang tak terkendali. Ada lebih dari 100 jenis kanker yang berbeda, dan masing-masing diklasifikasikan berdasarkan jenis sel yang terpengaruh. Kanker merugikan tubuh ketika sel-sel rusak membelah tak terkendali untuk membentuk benjolan yang disebut tumor. Tumor dapat tumbuh dan mengganggu sistem pencernaan, saraf, dan peredaran darah, dan mereka dapat melepaskan hormon yang mengubah fungsi tubuh. Tumor yang tinggal di satu tempat dan menunjukkan pertumbuhan yang terbatas umumnya dianggap jinak.

Kanker akan menjadi lebih berbahaya ketika:

  • Sel kanker berhasil bergerak ke seluruh tubuh menggunakan darah atau sistem limfe, menghancurkan jaringan sehat dalam proses yang disebut invasi
  • Sel yang berhasil membelah dan tumbuh, membuat pembuluh darah baru untuk memberi makan dirinya sendiri dalam proses yang disebut angiogenesis.
  • Ketika tumor berhasil menyebar ke bagian lain dari tubuh dan tumbuh, menyerang dan menghancurkan jaringan sehat lainnya. Proses ini sendiri disebut metastasis, dan hasilnya adalah suatu kondisi serius yang sangat sulit untuk diobati.

Penyebab Kanker

Kanker adalah hasil dari sel-sel yang tak terkendali yang tumbuh dan tidak mati. Sel-sel normal dalam tubuh mengikuti jalur pertumbuhan. Kematian sel terprogram disebut apoptosis, dan ketika proses ini rusak, kanker mulai terbentuk. Tidak seperti sel biasa, sel-sel kanker tidak mengalami kematian program dan bukannya terus tumbuh dan membelah. Hal ini menyebabkan massa sel abnormal yang tumbuh di luar kendali.

Gejala Kanker

Gejala kanker cukup bervariasi dan tergantung pada di mana kanker itu berada, di mana kanker menyebar, dan seberapa besar kanker itu. Beberapa kanker bisa dirasakan atau dilihat melalui kulit – benjolan pada payudara atau testis. Kanker kulit (melanoma) sering berbentuk kutil atau tahi lalat pada kulit. Beberapa kanker mulut ditandai dengan bercak putih yang hadir di dalam mulut atau bintik-bintik putih di lidah.

Kanker lainnya memiliki gejala yang kurang jelas secara fisik. Beberapa tumor otak cenderung untuk menyajikan gejala awal penyakit karena mereka mempengaruhi fungsi kognitif yang penting. Kanker pankreas biasanya terlalu kecil untuk menyebabkan gejala sampai mereka menyebabkan rasa sakit dengan mendorong saraf terdekat atau mengganggu fungsi hati.

Ketika kanker menyebar, gejala tambahan dapat menampilkan diri di daerah yang baru terkena. Pembengkakan kelenjar getah bening atau pembesaran yang umum dan kemungkinan akan hadir lebih awal. Jika kanker menyebar ke otak, pasien mungkin mengalami vertigo, sakit kepala, atau kejang. Menyebar ke paru-paru dapat menyebabkan batuk dan sesak napas.

Deteksi dini kanker dapat meningkatkan kemungkinan pengobatan yang terbaik. Dokter menggunakan informasi dari gejala dan beberapa prosedur lain untuk mendiagnosa kanker. Teknik ini seperti X-ray, CT scan, MRI scan, PET scan, dan scan USG, digunakan secara teratur untuk mendeteksi di mana tumor berada dan organ apa yang bisa dipengaruhi. Dokter juga dapat melakukan endoskopi, yang merupakan prosedur yang menggunakan tabung tipis dengan kamera dan cahaya di salah satu ujung, untuk mencari kelainan dalam tubuh.

loading...
Loading...
Info Penyakit: Penyakit Kanker | chsa | 4.5