Loading...

Gejala Penyakit Tuberkulosis

Tuberkulosis atau TB adalah suatu penyakit menular yang umum, dan dalam banyak kasus bersifat mematikan. Karena itu, mengetahui gejala dari tuberkulosis sangat penting untuk semua orang.

Seseorang harus mewaspadai tanda-tanda seperti batuk yang tak kunjung sembuh, diiringi dengan demam, selalu berkeringat setiap malam, dan perlahan berat badan menurun. Sebab, semua gejala itu merupakan gejala awal tuberkulosis.

Gejala klasik infeksi tuberkulosis aktif yaitu batuk kronis dengan bercak darah sputum atau dahak, demam, berkeringat di malam hari, dan berat badan turun. Tanda dan gejala umumnya antara lain demam, menggigil, berkeringat di malam hari, hilangnya nafsu makan, berat badan turun, dan lesu.

Menurut penjelasan dari Dr. M Arifin Nawas, Sp.P(K), MARS, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, gejala awal orang yang akan menderita tuberkulosis adalah jadi mudah capek. Jalan sedikit saja dia mengaku sudah merasa capek.

Sementara khusus untuk gejala tuberkulosis paru, batuk berdahak yang belum juga sembuh dari dua sampai tiga pekan. Selain itu, bisa juga sering mengeluh dadanya sakit.

Nyeri dada pada gejala tuberkulosis paru sangat berbeda dengan nyeri akibat merokok. Kalau rokok kan adanya di sebelah kiri, untuk gejala tuberkulosis ada di sebelah kanan. Selain itu juga, biasanya seseorang akan mengalami batuk darah.

loading...
Loading...
Gejala Penyakit Tuberkulosis | lawas | 4.5