Loading...

Faktor Penyebab Darah Tinggi atau Hipertensi

Banyak orang menyalahkan garam sebagai sumber penyebab utama tekanan darah tinggi atau hipertensi. Memang benar garam bisa menjadi penyebab seseorang terkena tekanan darah tinggi, namun ternyata tidak itu saja penyebabnya.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang memiliki tekanan darah tinggi. Beberapa penyebab bisa kita kendalikan, namun demikian ada juga yang tidak bisa kita kendalikan.

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab darah tinggi atau hipertensi :

Usia
Penelitian menunjukkan bahwa seraya usia seseorang bertambah, tekanan darah pun akan meningkat. Anda tidak dapat mengharapkan bahwa tekanan darah Anda saat muda akan sama ketika Anda bertambah tua. Namun Anda dapat mengendalikan agar jangan melewati batas atas yang normal.

Keturunan
Jika Anda memiliki riwayat orang-tua atau saudara yang memiliki tekanan darah tinggi, maka kemungkinan Anda menderita tekanan darah tinggi lebih besar. Statistik menunjukkan bahwa masalah tekanan darah tinggi lebih tinggi pada kembar identik daripada yang kembar tidak identik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada bukti gen yang diturunkan untuk masalah tekanan darah tinggi.

Garam
Mengonsumsi garam secara berlebihan bisa meningkatkan tekanan darah dengan cepat pada beberapa orang, khususnya bagi penderita diabetes, penderita hipertensi ringan, orang dengan usia tua, dan mereka yang berkulit hitam.

Kolesterol
Kandungan lemak yang berlebih dalam darah Anda bisa menyebabkan timbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Hal ini bisa membuat pembuluh darah menyempit dan akibatnya tekanan darah akan meningkat. Untuk itu, kendalikan kolesterol Anda sedini mungkin.

Rokok
Merokok juga bisa meningkatkan tekanan darah menjadi tinggi. Kebiasan merokok bisa meningkatkan risiko diabetes, serangan jantung dan stroke. Karena itu, kebiasaan merokok yang terus dilanjutkan ketika memiliki tekanan darah tinggi, merupakan kombinasi yang sangat berbahaya yang akan memicu penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung dan darah.

Obesitas atau Kegemukan
Orang yang memiliki berat badan di atas 30 persen berat badan ideal, memiliki kemungkinan lebih besar menderita tekanan darah tinggi.

Penyebab lain
Selain itu, beberapa hal yang bisa menjadi penyebab tekanan darah tinggi atau hipertensi misalnya karena stres, kafein, konsumsi alkohol secara berlebihan dan kurangnya berolahraga.

loading...
Loading...
darah tinggi apa boleh makan kangkung, nangka bisa menaikan tekanan darah tidak, apakah kangkung boleh dikonsumsi penderita darah tinggi, nangka penyebab tensi naik, nangka muda apa menyebabkan tensi naik, nangka dapat menaikkan tekanan darah, motor yg cocok untuk orang cungkring, gambar orang muntah dara di closet, foto muntahan darah, foto gambar muntah darah, darah tinggi makan kelengkeng boleh nggak, buah nangka pemicu darah tinggi, apakah nangka bisa dimakan oleh penderita hipertensi, orang yang terkena darah apakah boleh makan kangkung

Faktor Penyebab Darah Tinggi atau Hipertensi | lawas | 4.5