Loading...

Faktor-faktor penyebab sariawan

Sariawan adalah sejenis bisul yang timbul di dalam rongga mulut, penyakit ini biasanya identik dengan kekurangan vitamin C. Karena itu, banyak penderita sariawan yang ketika mengalami sakit ini berusaha menyembuhkannya dengan mengonsumsi buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi.

Selain kekurangan vitamin C, masih ada penyebab lain mengapa seseorang terjangkit sariawan. Gaya hidup yang tak sehat serta faktor genetik atau keturunan juga bisa menjadi pemicu sariawan. Seseorang dengan riwayat keluarga penderita sariawan pun lebih rentan terhadap kemungkinan sariawan yang lebih besar.

Di bawah ni adalah beberapa faktor penyebab sariawan, selain kekurangan vitamin C, yang perlu anda ketahui.

1. Lelah
Tubuh yang sedang tidak fit atau kelelahan juga rentan terhadap beberapa jenis penyakit, termasuk sariawan. Karena itu, istirahatalah cukup sering mengonsumsi air putih.

2. Anemia
Studi menunjukkan bahwa seseorang yang sedang mengalami anemia atau kekurangan darah juga rentan terhadap sariawan.

3. Alergi
Sariawan juga muncul apabila seseorang memiliki riwayat atau menderita alergi sesuatu. Jangan lupa, alergi juga dapat memunculkan beberapa jenis penyakit yang tidak dikehendaki seperti sariawan.

4. Stres atau trauma
Rasa stres atau trauma juga menjadi faktor pendorong timbulnya penyakit tersebut. Biasanya stres memang menjadi pemicu berbagai penyakit mulai dari yang ringan sampai yang berat.

5. Gangguan pencernaan
Anda yang mengalami gangguan pencernaan maka kemungkinan menderita sariawan akan semakin besar. Apalagi jika masalah pencernaan tersebut tergolong parah.

6. Kurang nutrisi
Biasanya ini kerap digolongkan sebagai kekurangan vitamin C. Padahal tak hanya kurang vitamin C yang membuat seseorang terjangkit sariawan. Bisa saja ada nutrisi-nutrisi tertentu yang dibutuhkan oleh tubuh namun kurang lengkap.

7. Hormonal
Biasanya hal ini terjadi pada wanita yang mendekati haid atau menstruasi. Gejala-gejala pra menstruasi pun akan timbul, salah satunya sariawan.

loading...
Loading...
Faktor-faktor penyebab sariawan | akbar | 4.5