Loading...

Empat Penyebab dan Cara Mengatasi Ketombe

Adanya ketombe di kulit kepala tentu sangatlah mengganggu penampilan. Munculnya ketombe berlebih di kulit kepala juga bisa menyebabkan rasa gatal dan rambut rontok.

Saat ini ada banyak produk rambut untuk mengatasi dan menghilangkan ketombe. Ada banyak orang yang sudah coba menggunakan berbagai merk atau produk penghilang ketombe, namun ketombe tidak juga mau hilang.

Untuk dapat menghilangkan ketombe di kulit kepala, maka perlu Anda ketahui terlebih dahulu apa penyebab munculnya ketombe.

Berikut ini adalah empat penyebab dan cara mengatasi ketombe:

1. Alergi
Penggunaan produk rambut atau bahan kimia yang digunakan untuk rambut bisa saja memicu reaksi alergi hingga akhirnya menimbulkan ketombe. Oleh karena itu, sebelum menggunakan produk rambut atau bahan kimia, terlebih dahulu lakukan tes sebelum menggunakannya. Jika terjadi iritasi, segera hentikan pemakaian produk tersebut.

2. Jamur
Pada kondisi kulit kepala yang sehat, jamur berfungsi untuk menyerap minyak yang keluar dari folikel rambut. Namun jumlah jamur yang berlebihan justru dapat menyebabkan kulit kepala jadi iritasi dan mengelupas. Untuk mengatasi hal ini, pilihlah shampo yang mengandung selenium sulphide dan juga anti-jamur untuk menekan pertumbuhan jamur di kulit kepala.

3. Kebiasaan yang salah
Tujuan menyisir rambut adalah untuk membuat rambut terlihat rapi dan lebih cantik. Namun, terlalu sering meyisir rambut justru akan menyapu bersih sel kulit mati yang justru diperlukan oleh kulit kepala. Saat akan menyisir, perhatikan juga jenis dan kebersihan sisir yang Anda gunakan.

4. Kelainan kulit
Kelainan kulit seperti psoriasis atau eksim dapat dapat menyerang kulit kepala Anda dan menyebabkan kulit bagian kepala cenderung kering dan rentan berketombe. Untuk dapat mengatasi masalah ketombe yang disebabkan oleh masalah kelainan kulit ini Anda harus berkonsultasi dengan dermatolog untuk hasil yang terbaik.

loading...
Loading...
Empat Penyebab dan Cara Mengatasi Ketombe | lawas | 4.5