Loading...

Efek Buruk Sebagai Akibat dari Kurang Tidur

Tidur adalah salah satu cara yang digunakan mahluk hidup untuk mengistirahat tubuh dari segala aktivitas. Tidur yang cukup tidak hanya membuat tubuh menjadi segar, namun juga dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan.

Ketika seseorang mengalami kurang tidur, berbagai gangguan kesehatan pun mungkin saja akan muncul sebagai akibat dari kurang tidur. Seperti yang dikutip dari laman Healthmeup, berikut ini adalah efek buruk, dampak akibat dari kurang tidur.

1. Meningkatkan berat badan
Pada saat kita kurang tidur, maka tubuh kita akan mengonsumsi lebih banyak karbohidrat dan akan memengaruhi selera makan, serta fungsi tubuh kita.

2. Lebih mudah marah dan suasana hati jadi buruk
Kurang tidur mmenyebabkan terganggunya proses pelepasan hormon yang akhirnya tidak hanya memengaruhi nafsu makan, namun juga memengaruhi suasana hati kita. Kurang tidur akan membuat kita murung dan kurang bersemangat serta jadi lebih mudah tersinggung.

3. Mengurangi konsentrasi
Bila anda mengalami kesulitan di tempat kerja atau di sekolah dalam hal konsentrasi atau mendapatkan ide-ide out of the box, mungkin saja itu akibat dari anda kurang tidur semalam. Kurangnya jam tidur malam juga bisa memengaruhi performa anda di tempat kerja atau saat mengemudi kendaraan.

4. Tekanan darah tinggi
Salah satu manfaat tidur yang cukup adalah membantu meregulasi hormon stres dalam tubuh dan memperbaiki sistem saraf. Apabila anda memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi, mungkin saja itu penyebabnya karena anda kurang tidur.

5. Stres
Tidur yang cukup bermanfaat untuk meredam serangan stres, baik untuk kesehatan ataupun menjaga tidur anda semakin berkualitas. Pada saat anda kurang tidur, maka tubuh akan melepaskan hormon yang membuat anda jad lebih mudah mengalami cemas dan tegang.

Tidur yang cukup sangatlah penting, tidak peduli berapapun usia anda saat ini. Tidurlah setiap malam, setidaknya enam jam.

loading...
Loading...
Efek Buruk Sebagai Akibat dari Kurang Tidur | lawas | 4.5