Loading...

Ciri-ciri Tanaman Kurma

Gambar Pohon dan Buah KurmaKurma, tanaman yang mempunyai nama latin Phoenix dactylifera ini dalam bahasa Arab disebut dengan Tamr. Kurma adalah tanaman jenis palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya bisa dimakan.

Kurma merupakan salah satu buah khas yang banyak diburu di bulan puasa Ramadhan untuk dijadikan sebagai hidangan berbuka puasa.

Ciri-ciri Pohon Kurma
Pohon kurma merupakan tanaman jenis dioecious, yaitu memiliki tanaman jantan dan betina yang hidup secara terpisah. Mereka bisa tumbuh dengan mudah dari bakal biji, tetapi hanya 50% tanaman betina yang ditanam secara pembibitan akan berbuah, dan menghasilkan buah yang kecil serta berkualitas rendah.

Ciri-ciri pohon kurma yaitu berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang antara 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

Ciri-ciri Buah Kurma
Buah yang dihasilkan oleh pohon kurma dikenal sebagai buah kurma. Ciri-ciri buah kurma yaitu bentuk lonjong-silinder dengan panjang 3-7 cm, berdiameter 2-3 cm dan ketika masih muda warnanya merah cerah ke kuning terang, tergantung dari jenisnya. Kurma mempunyai biji tunggal yang ukuran panjangnya sekitar 2-2,5 cm dan tebalnya 6-8 mm.

Pohon kurma baru bisa berbuah setelah ditanam selama 4 sampai 7 tahun dan bisa dipanen ketika telah berusia 7 sampai 10 tahun. Pohon kurma yang telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pada setiap musim panennya. Agar mendapatkan buah yang berkualitas untuk bisa dipasarkan, tandan kurma harus ditipiskan dan dibungkus atau ditutup sebelum matang supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar dan terlindungi dari cuaca dan hama, seperti burung.

Kurma matang dibagi menjadi empat golongan, yang mana dikenal di seluruh dunia dengan menggunakan penamaan Arab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari).

loading...
Loading...
cara membedakan pohon kurma jantan dan betina, Cara membedakan kurma jantan dan betina, cara membedakan biji kurma jantan dan betina, ciri ciri pohon kurma, pohon kurma, ciri khusus pohon kurma, membedakan kurma jantan dan betina, ciri-ciri bibit kurma betina, perbedaan kurma jantan dan betina, ciri pohon kurma, tumbuhan fibre primvital, perbedaan pohon kurma jantan dan betina, ciri-ciri tumbuhan fibre primvital, cara membedakan bibit kurma jantan dan betina, ciri ciri tumbuhan fibre primvital, gambar pohon kurma, Ciri biji kurma betina, ciri ciri tanaman leci, pohon fibre primvital, pohon asem saraf, pohon blakacida, pohon cangcaratan, ciri khusus pohon kurma dan fungsinya, obat hama pohon kurma, ciri khusus kurma, ap ciriciri pohon pinang

Ciri-ciri Tanaman Kurma | chsa | 4.5