Loading...

Ciri-ciri orang yang sedang berbohong

Dibohongi adalah hal yang paling menyebalkan. Kalau bohongnya pinokio bisa dilihat dengan hidungnya yang memanjang saat berbohong, lalu bagaimana dengan orang biasa?

Dalam dunia nyata, mengetahui seseorang sedang berbohong atau tidak tentu bukan perkara yang mudah. Namun demikian, bukan berarti kita tidak bisa mengetahui apakah seseorang sedang berbohong pada kita atau tidak. Karena seperti yang dikatakan oleh psikolog dan pembawa acara, Dr Philip Calvin McGraw, ada ciri-ciri orang pembohong. Berikut diantaranya seperti yang dikutip Drphil.

1. Terlalu banyak atau terlalu sedikit kontak mata
Orang yang sedang berbohong akan cenderung menghindari melihat mata lawan bicaranya. Bila ada seseorang yang terus menatap ke bawah saat berbicara dengan anda, itu juga bisa menjadi pertanda kalau ia sedang bekerja keras berbohong.

2. Tidak fokus pada pertanyaan
Pada saat lawan bicara sedang berusaha untuk menghindari mengatakan yang sebenarnya, maka sering kali mereka memilih satu topik dan justru bicara tentang masalah yang bukan menjadi fokus pembicaraan utama.

3. Gelisah
Anda sedang berbicara yang kelihatannya ia sanat gelisah? Bila ia gelisah bukan karena memang sedang terburu-buru, maka bisa jadi itu karena ia sedang berbohong pada anda.

4. Sering menyentuh hidung
Menurut hasil dari penelitian bahwa ketika seseorang sedang berbohong, maka ia cenderung akan lebih menyentuh pangkal hidungnya.

5. Mulut mengerucut
Pada saat seseorang sedang berbohong, ia tidak akan bisa mendapatkan cukup oksigen sehingga cenderung ia harus bernapas melalui mulut, bukan hidung.

6. Ragu-ragu
Orang yang berbohong cenderung memiliki teknik bicara aneh. Mungkin tujuannya itu untuk menunjukkan bahwa ia benar.

7. Mengulur waktu
Sering mengulur-ulur waktu juga bisa menjadi salah satu ciri seseorang yang sedang berbohong.

8. Menjawab pertanyaan yang tidak ditanyakan
Pembohong lebih sering membela diri dan menjawab pertanyaan yang tidak ditanyakan. Pernah menemukan orang yang seperti ini? Bisa jadi itu karena ia sedang berbohong pada anda.

9. Lihat bahasa tubuhnya
Anda bisa menandai kalau seseorang sedang berbohong pada anda atau tidak dari bahasa tubuh yang ia perlihatkan. Beberapa gerakan tubuh yang bisa menjadi tanda seseorang berbohong misalnya berkedip berlebihan, pergerakan pupil mata, perubahan nada suara, kurang tersenyum, dan mengangkat bahu.

loading...
Loading...
Ciri-ciri orang yang sedang berbohong | akbar | 4.5