Loading...

Ciri-ciri dan Manfaat Buah Kapulasan

Gambar dan Manfaat Buah KapulasanKapulasan – Nama buah kapulasan mungkin jarang sekali Anda dengar, namun buah ini masih memiliki kerabat yang dekat dengan rambutan. Kapulasan ini memiliki nama latin Nephelium ramboutan dan masih dalam family lerak-lerakan (Sapindaceae).

Ciri dari buah kapulasan ini sangat mirip dengan rambutan, memiliki rasa masam dengan bijinya tidak mengelotok. Di Indonesia sendiri kapulasan ini memiliki banyak nama seperti rambutan botak, kapulasan merah, kapulasan si babat, kapulasan koneng serta rambutan hutan.

Kapulasan sendiri memiliki pohon yang memiliki ketinffian 15-36 m. Dengan ciri daunnya lebih sempit jika dibandingkan dengan rambutan dan tersusun rapi dengan bunga majemuk. Sedangkan untuk buahnya memiliki bentuk lontong tapi agak bulat dengan panjang sekitar 4-6,5 cm dan lebar 2,5-5 cm.

Bentuk kulitnya berduri kasar dan padat dengan memiliki warna kemerahan hingga kekuningan dengan bijinya berwarna putih. Daging buahnya memiliki rasa manis dan agak kemasaman.

Selain buahnya yang dapat dimakan, kapulasan ini juga memiliki banyak manfaat. Dimana kayunya dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga, sedangkan bijinya yang mengandung minyak nabati sehingga dapat diproses menjadi lilin dan sabun.

Demikian sekilas mengenai buah kapulasan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

loading...
Loading...
ciri daun rambutan

Ciri-ciri dan Manfaat Buah Kapulasan | chsa | 4.5