Loading...

Ciri-ciri dan Cara Membedakan Daging Ayam Tiren dan Ayam Sehat

Daging ayam tiren atau mati kemarin adalah sebutan untuk daging ayam kedaluwarsa yang dijual di pasar atau dijual ke pengusaha rumah makan/warung.

Daging ayam yang mulai rusak agar terlihat segar kembali dibubuhi tawas dan pemutih sehingga terlihat segar dan menarik. Ayam yang sudah mati itu bulunya dicabut dan segera dicuci bersih sehingga tidak kelihatan bahwa itu adalah ayam mati. Selanjutnya ayam-ayam ini dijual ke pasar-pasar tradisional kecil dengan harga yang berlaku di pasaran.

Penjualan ayam tak layak konsumsi tak berhenti dengan menjual sebagai ayam segar. Daging ayam tiren justru dijadikan daging olahan, menggunakan bumbu giling dan pewarna pakaian. Agar proses memasak lebih cepat obat sakit kepala dicampurkan dalam olahan itu.

Berbagai cara ditempuh oleh pada pedagang ini. Masalah bau diatasi dengan perebusan dengan kunyit. Bahkan kalau perlu ditambah bahan pewarna.

Untuk menghindari agar anda tidak membeli daging ayam tiren, maka anda perlu mengetahui apa saja ciri-ciri dan bagaimana cara mengetahui serta membedakan daging ayam tiren dan daging ayam yang sehat. Berikut ini adlaah ciri-ciri daging ayam tiren.

Ciri-ciri daging ayam tiren adalah dagingnya beraroma agak amis, dagingnya berwarna kebiru-biruan, pucat dan tidak segar, pada leher potongan ayam terlihat tidak lebar. Tidak mulus seperti ayam potong ketika hidup. Kalau dipegang kulitnya licin dan mengkilat, karena pakai formalin. Selain itu juga terdapat bercak-bercak darah pada bagian kepala atau leher ayam, serta harganya lebih murah.

Sementara untuk ciri-ciri daging ayam yang baik, yakni dagingnya segar, tidak bau, berwarna putih dan bersih, serta tidak terdapat bercak-bercak darah pada dagingnya.

Semoga dengan mengetahui ciri-ciri daging ayam tiren tersebut diatas, anda bisa membedakan daging ayam tiren dan daging ayam yang sehat.

loading...
Loading...
manfaat air garam untuk ayam, rasa daging ayam kate, manfaat cabai untuk ayam, cara mengobati ayam yang kedinginan, resep kue jawer, cara agar ayam tidak di gigit nyamuk, manfaat kurma untuk ayam aduan, ayam sembelit, khasiat cabe rawit buat ayam, manfaat air garam untuk ayam bangkok, manfaat brotowali untuk ayam, khasiat kopi untuk ayam aduan, benjolan di kepala ayam, fungsi faram bagi ayam, empedu ayam jantan, Manfaat kopi bagi ayam, manfaat kopi untuk ayam bangkok, daging ayam kat, manfaat garam bagi ayam bangkok, manfaat empudu a, manfaat cuka utk ayam adu, ciri ciri daging ular, manfaat cabai bagi ayam, manfaat cabai untuk ayam aduan, manfaat cacing tanah untuk ayam bangkok, cara mengobati ayam brendelen, manfaat empedu ayam buat kesehatan, makanan pendamping sate ayam, cara mengatasi ayam kedinginan, jelaskan fungsi jantung ayam

Ciri-ciri dan Cara Membedakan Daging Ayam Tiren dan Ayam Sehat | lawas | 4.5