Loading...

Cara Mudah Membersihkan Karpet yang Bau Apek

Karpet yang lama tidak dibersihkan tentu akan kotor, bau dan yang pasti adalah menjadi sarang penyakit. Menjaga kebersihan karpet sangatlah penting, apalagi bagi kita yang masih mempunyai anak kecil karena anak-anak biasanya suka bermain, tiduran atau lainnya di karpet ataupun tempat lainnya. Apalagi saat hari lebaran nanti, tentu akan ada lebih banyak lagi anak-anak kecil.

Membersihkan karpet sebenarnya mudah, namun jika jarang dilakukan tentu saja akan membuat karpet jadi susah dibersihkan. Berikut ini adalah cara serta langkah demi langkah bagaimana membersihkan karpet tanpa harus membawanya ke tempat cuci karpet:

1. Gunakan vacuum cleaner

Bersihkan karpet minimal dua hari sekali menggunakan vacuum cleaner agar debu atau kotoran tidak menempel dan sulit dibersihkan. Bila anda menemukan ada kotoran yang menempel dan tidak bisa dibersihkan menggunakan vacuum cleaner maka mau tak mau anda harus membawanya ke tempat cuci karpet. Atau jika tidak mau repot, anda bisa menggunakan jasa dry cleaning untuk membantu membersihkannya.

2. Ubah posisi karpet minimal sekali dalam sebulan

Anda bisa menukar bagian karpet yang jarang dilalui orang, tujuannya agar warna karpet tidak belang serta bisa dibersihkan secara merata.

3. Jangan terkena cahaya sinar matahari langsung

Usahakan agar posisi karpet tidak terkena cahaya matahari langsung. Pancaran sinar matahari bisa menyebabkan warna karpet mudah pudar. Coba atur sedemikian rupa supaya posisi karpet bisa “tersembunyi” dari sinar matahari langsung.

4. Gunakan bubuk baking soda

Jika karpet sudah mulai bau apek atau lainnya dan susah dihilangkan, coba anda taburkan bubuk baking soda di atas permukaan karpet. Tunggu sekitar 30 menit, setelah itu bersihkan menggunakan vacuum cleaner.

Rajin membersihkan karpet akan membuat karpet jadi mudah dibersihkan, dan tentunya karpet menjadi bersih dan aman digunakan sebagai tempat untuk bermain anak.

loading...
Loading...
Cara Mudah Membersihkan Karpet yang Bau Apek | lawas | 4.5