Loading...

Cara merawat tanaman di rumah

Merawat tanaman hijau bisa menjadi hobi atau partisipasi anda dalam gaya hidup go green dan healthy lifestyle. Dengan melihat tanaman maka akan memberikan rileksasi dan menyegarkan mata. Jika anda terlau sering bekerja menghabiskan waktu di depan layar komputer, istirahat sejenak sambil melihat tanaman hijau mampu mengurangi tingkat stres mata anda yang kinerjanya diforsir secara terus menerus. Karena itu tak jarang ada banyak kantor yang menanam tanaman di dalam ruangan baik itu tanaman sulur atau tanaman pot. Namun menanam tanaman di rumah tentu akan lebih baik karena memberikan kesegaran selain membuat pemandangan menjadi indah.

Agar tanaman di rumah anda tetap segar dan terawat, ikutilah beberapa panduan bercocok tanam di rumah berikut ini.

1. Siram setiap hari

Jangan lupa untuk tetap menyiram tanaman setiap hari agar media tanamannya seperti tanah tidak kering dan gersang. Tanah yang gembur dan lembab akan memberikan sirkulasi udara serta menguatkan bagian akar. Jadikanlah kegiatan menyiram tanaman di pagi hari menjadi suatu aktivitas yang menyenangkan.

2. Beri pupuk

Tanaman memerlukan zat, unsur hara dan nutrisi untuk pertumbuhannya. Memberikan pupuk secara berkala akan membantu proses pertumbuhan tanaman agar tetap terlihat segar dan terawat. Namun jangan memberikan pupuk dengan berlebihan karena bisa membuat tanaman mati atau terbakar di bagian dalamnya.

3. Ganti wadah

Jika rumah anda tidak memiliki media untuk bercocok tanam yang luas, gunakan alternatif lain seperti memilih pot dengan berbagai ukuran sesuai dengan bentuk tanamannya. Pot berukuran kecil dan minimalis terlihat lebih eye catching dengan tanaman-tanaman kecil seperti bunga-bungaan atau rerumputan. Jadi, meskipun tidak memiliki lahan untuk menanam bukanlah menjadi soal untuk hidup go green.

4. Cabut rumput liar

Hal ini berlaku jika anda menanam di halaman rumah. Biasanya akan tumbuh rumput liar yang mengganggu pertumbuhan akar agar lebih kuat dan dalam menyerap makanan. Rumput liar yang dibiarkan terlalu lama juga akan mematikan rumput hidup di sekitarnya. Karena itu sering-seringlah mencabut rumput liar di sekitar tanaman anda agar ia tumbuh semakin subur.

loading...
Loading...
Cara merawat tanaman, artikel tanaman pengusir ular, manfaat cuing, Cara merawat tumbuhan, cara merawat tanaman di rumah

Cara merawat tanaman di rumah | akbar | 4.5