Loading...

Cara merawat motor di musim penghujan

Musim penghujan memang sedang melanda beberapa kota di tanah air. Genangan air atau banjir pun sudah menjadi hal lumrah di daerah-daerah dan beberapa titik yang rawan banjir. Tentunya jika menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor, maka kita harus mengendarainya dengan hati-hati. Jangan sampai anda terjebak di daerah yang tergenang banjir hingga mengakibatkan mesin motor mogok.

Karena itu, agar kinerja mesin tetap prima meskipun di musim penghujan. Cobalah untuk melakukan beberapa perawatan berikut untuk tetap menjaga performa kendaraan roda dua anda.

Panaskan mesin

Sebelum digunakan, jangan lupa untuk memanaskan mesin motor anda terlebih dahulu. Cuaca dingin berpengaruh pada mesin kendaraan sehingga jika langsung digunakan maka akan mengurangi kinerja motor itu sendiri. Ditambah jika sepeda motor anda terendam genangan air sehingga membuat mesin yang panas menjadi beruap akibat terkena air yang dingin.

Ganti ban

Hati-hati, sebelum menjalankan motor, periksalah apakah ban motor anda sudah botak atau aus. Di musim hujan seperti ini, banyak jalan yang tergenang air dan sangat licin sehingga ban yang tidak mampu mencengkeram aspal dengan baik akan rawan tergelincir karena pengereman yang tidak sempurna akibat ban yang botak. Segera ganti ban motor demi keselamatan anda.

Bersihkan motor

Banjir akan membuat motor anda kotor akibat partikel-partikel debu dan kotoran di dalam air yang menempel pada kendaraan anda. Cara terbaik adalah dengan membersihakan atau mencuci motor anda jika sudah tidak digunakan lagi. Hal ini sangat penting karena kotoran-kotoran yang menempel bisa merusak beberapa bagian penting motor seperti kampas rem, roda atau rantai motor.

Lakukan perbaikan

Jika knalpot motor anda sudah kemasukan air dan membuatnya mogok, ada baiknya untuk segera membawanya ke bengkel agar cepat diperbaiki. Banyak orang lebih memilih untuk ‘mengistirahatkan’ motornya dan mencoba memanaskannya agar bisa digunakan kembali. Namun hal ini akan berpengaruh pada performa mesin dan membuat kinerjanya menjadi terganggu.

loading...
Loading...
Cara merawat motor di musim penghujan | akbar | 4.5