Loading...

Cara merawat mobil

Jika anda memiliki mobil, maka wajib dan harus untuk melakukan perawatan mobil supaya mobil anda tidak mudah rusak dan masuk bengkel. Selain itu jika mobil anda kurang perawatan maka jika ada satu bagian yang rusak dapat menyebabkan kecelakaan di jalan. Jadi anda perlu melakukan perawatan pada mobil anda mulai dari ban, mesin, rem, kopling dan lain lain. Anda dapat melakukan perawatan di rumah tanpa harus ke bengkel.

Berikut ini cara merawat mobil :

Starter

Starter merupakan bagian yang pertama digunakan saat akan menyalakan mobil, jadi bagian ini juga harus di beri perawatan yang pertama. Jika starter mobil anda susah maka kemungkinan besar permasalahannya yaitu pada bahan bakar yang kuran dan karena saringan karburator yang kotor. Cara mengatasinya anda dapat membuka karburator dan lepas filternya kemudian sikat sampai bersih.

Oli

Jika oli mobil anda sudah kotor maka anda perlu menggantinya. Oli merupakan pelumas yang melumasi setiap bagian di mesin mobil. Jadi jika oli kotor maka mesin anda juga akan beresiko terkena gangguan mulai dari suara mesin yang lebih kasar, komponen mesin yang rusak karena terkena gesekan, dan lain-lain. Oli berfungsi mengurangi gesekan yang terjadi pada mesin mobil.

Sesuai yang disarankan anda harus mengganti oli setiap 4000 mil sekali. Lakukan penggantian secara rutin supaya mesin mobil anda terjaga kesehatannya dan tidak cepat rusak.

Radiator

Yang ketiga yaitu radiator. Radiator berfungsi sebagai pendingin mesin. Periksa radiator secara rutin.dan pastikan tidak terjadi kebocoran, dan periksa juga jumlah air yang ada pada radiator. Jika air sudah sedikit, lakukan pengisian air radiator. Ganti air radiator setiap 10.000 km sekali.

Ban

Yang tidak kalah penting yaitu ban. Periksalah ban mobil anda apakah alur ban mobil sudah terkikis menjadi halus atau masih tebal. Jika sudah tipis, gantilah ban mobil anda menjadi baru. Karena ban mobil yang alurnya tipis akan beresiko menyebabkan tergelincir di jalan dan terjadi kecelakaan.

loading...
Loading...
Cara merawat mobil | akbar | 4.5