Loading...

Cara merawat kebersihan kuku tangan

Kuku adalah salah satu bagian tangan yang penting untuk dijaga kebersihannya. Bagian ujung dari telapak tangan ini biasanya mengandung banyak kuman dan bakteri dari benda yang disentuhnya. Dan ketika harus mengambil makanan menggunakan tangan, bakteri dalam kukupun bisa menempel pada apa yang kita makan. Karena itu, kebersihan kuku tentu harus dijaga dan dirawat.

Agar kuku anda tetap terlihat cantik dan tidak jorok, cobalah beberapa cara merawat kebersihan kuku berikut ini.

1. Gunting secara berkala

Berapa batas maksimal panjang kuku sebelum anda mengguntingnya? Kuku yang sudah panjang sekitar 2-5mm seharusnya dipotong agar tidak mengganggu aktivitas dan menjadi sarang bekteri dan kuman. Selain itu kuku yang terlalu panjang akan mengakibatkan cedera ringan bila patah atau berdarah.

2. Cuci sampai bersih

Kuku yang terlalu panjang biasanya akan menjadi tempat berkumpulnya kuman seperti kotoran yang menempel di bagian dalam kuku. Dengan rajin mencuci tangan atau membersihkan sela-sela kuku akan membuatnya terlihat lebih bersih dan sedap dipandang.

3. Jangan digigit

Apakah anda mempunyai kebiasaan menggigit kuku. Jauhilah kebiasaan buruk tersebut karena kotoran yang menempel pada kuku terkontak langsung dengan mulut sehingga bakteri tersebut akan masuk dan menimbulkan berbagai gejala penyakit seperti mules atau sakit perut.

4. Pakai cat kuku yang tepat

Gunakan cat kuku atau kutek yang tepat dan tidak memberikan efek samping seperti kuku pecah-pecah atau iritasi di kulit sekitar bagian kuku. Jika merasa kurang cocok dengan cat kuku yang digunakan, bersihkan dengan cairan pembersih seperti aseton atau alkohol.

5. Manicure & pedicure

Membersihkan bagian luar kuku sehingga tampak mengkilap akan membuatnya lebih sedap dipandang. Dengan manicure atau pedicure secara rutin ditambah jika anda juga membersihkannya secara teratur, maka keindahan kuku tetap terjaga.

Bagi kaum hawa, tangan yang indah dan tampak cantik terutama di bagian kuku akan memberikan semangat baru dan rasa percaya diri. Dengan merawat kuku, maka akan menjadi bukti bahwa anda juga merawat kebersihan diri sendiri sampai bagian yang terkecil. Jangan lupa untuk menjaga kebersihannya sehingga tetap terlihat indah dan menarik.

loading...
Loading...
cara mengasah pemotong kuku, cara mempertajam gunting kuku, mengasah gunting kuku

Cara merawat kebersihan kuku tangan | akbar | 4.5