Loading...

Cara merawat dan menyikat gigi yang benar

Banyak orang menyepelekan masalah perawatan gigi sehingga tidak tahu bagaimana cara sikat gigi yang benar. Padahal, gigi yang tidak terawat bisa menyebabkan masalah seperti gigi berlubang atau penyakit mulut lainnya.

Agar gigi tetap sehat dan kuat, tentunya diperlukan cara perawatan gigi yang benar. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda coba di rumah untuk merawat gigi.

  1. Sikat gigi secara teratur, yakni dua kali sehari. Sikat gigi bisa dilakukan pada pagi sehabis sarapan dan malam menjelang tidur.
  2. Jangan lupa untuk rutin memeriksakan gigi ke doter gigi. Kontrol rutin sangat diperlukan untuk mengecek kesehatan dan mendeteksi masalah gigi lebih awal.
  3. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang halus, hindari bulu sikat yang kasar karena dapat melukai gigi dan gusi.
  4. Jangan terpengaruh dengan merek pasta gigi. Setiap produsen pasta gigi pasti sudah meracik produknya agar sesuai dengan yang ditargetkan kepada konsumen.
  5. Saat menyikat gigi, gunakan pasta gigi sepanjang bulu sikat untuk orang dewasa dan sebesar biji jagung untuk anak-anak.
  6. Penyikatan gigi sebaiknya menggunakan sudut 45 derajat dan arahnya dari gusi ke gigi. Gerakan itu harus mengenai semua permukaan gigi, yakni di depan dan bagian dalam.
  7. Agar lebih efektif, durasi penyikatan gigi jangan terlalu cepat. Minimal 2-3 menit setiap kali menggosok gigi.
  8. Gunakan obat kumur atau mouthwash. Selain membantu membersihkan gigi, obat kumur juga dapat membuang sisa-sisa kotoran dan bekas pasta gigi yang masih menempel.
  9. Agar gigi bersih dan nafas terasa lebih segar, biasanya orang-orang berkumur sesering mungkin. Berkumurlah sekali saja agar bahan aktif dalam pasta gigi masih berada dalam gigi dan melindunginya.

Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Cara merawat dan menyikat gigi yang benar | akbar | 4.5