Loading...

Cara menjaga kesehatan selama liburan

Musim libur telah tiba, banyak orang bergegas dan bersiap-siap untuk menikmati liburan bersama keluarga maupun sahabat. Melepaskan kepenatan dan kejenuhan akan rutnitas sehari-hari memang dapat menjadi charge yang dibutuhkan oleh tubuh setelah liburan usai dan kembali beraktifitas. Namun jangan sampai liburan tersebut membawa oleh-oleh berupa penyakit baik yang ringan maupun penyakit berat.

Agar terhindar dari berbagai macam risiko penyakit yang akan terjangkit selama liburan, jagalah kesehatan dengan cara berikut:

  1. Istirahat cukup atau tidur dalam waktu seperti biasanya sangat baik bagi kesehatan. Apalagi jika sedang dalam perjalanan dan anda mengemudikan kendaraan pribadi. Usahakan untuk bergantian dalam menegemudi atau beristirahat sejenak di rest area.
  2. Makanlah makanan yang sehat. Hindari konsumsi junk food yang berlebihan selama perjalanan berlangsung. Makanlah roti dan juga sayuran hijau yang bisa anda persiapkan sebelum berangkat dan dapat dikonsumsi di waktu senggang atau saat perut terasa lapar.
  3. Jangan lupa untuk mencuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan air atau alkohol. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir bakteri yang tersentuh oleh tangan, apalagi jika anda juga sering menyentuh mkananan yang masuk ke dalam mulut dan juga wajah sehingga bakteri tersebut akan berpotensi menjadi penyakit.
  4. Konsumsilah buah baik yang dimakan secara langsung maupun yang diolah menjadi jus, alternatif lain adalah sari buah. Minuman tersebut lebih menyehatkan ketimbang mengkonsumsi softdrink yang mengandung kafein dan berkarbonasi.
  5. Sering-seringlah mengkonsumsi air mineral atau air putih. Hal ini untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, membantu agar pencernaan lancar serta menetralisir lemak dan kolestrol yang masuk ke dalam tubuh.
  6. Makan secara teratrur 3 kali sehari seperti biasanya. Jangan mengkonsumsi makanan yang mengagetkan seperti terlalu manis, terlalu asin atau terlalu pedas. Konsumsilah makanan yang sudah terbiasa masuk ke dalam tubuh kita, dan tentunya juga harus lebih sehat.
  7. Lakukan peregangan jika terlalu lama berada di perjalanan. Jangan duduk terus, anda bisa menekuk dan memanjangkan kaki secara bergantian. Selain itu hindari duduk dengan menyilangkan kaki dalam waktu lama karena akan menghambat peredaran darah dalam tubuh.

Itulah tips-tips menjaga kesehatan saat berlibur. Dengan tubuh yang lebih sehat dan bugar, tentunya holiday akan terasa lebih menyenangkan.

loading...
Loading...
Cara menjaga kesehatan selama liburan | akbar | 4.5