Loading...

Cara Mengurangi dan Mengobati Rasa Sakit Kepala

Sakit kepala seringkali mengganggu aktivitas, karena bukan tidak mungkin akan menyebabkan pikiran kurang fokus. Beberapa orang biasa mengobati sakit kepala dengan langsung minum obat. Namun penggunaan obat sakit kepala terkadang malah bisa menyebabkan ketergantungan yang membuat orang jadi sering sakit kepala.

Saya sendiri telah membuktikan bahwa mengurangi penggunaan obat sakit kepala bisa mengurangi frekuensi sakit kepala kita.

Jadi, daripada Anda harus selalu minum obat begitu sakit kepala datang, cobalah beberapa cara alami untuk mengobati sakit kepala berikut ini:

Kurangi stres
Salah satu penyebab sakit kepala adalah karena stres. Untuk mengurangi stres bisa dilakukan dengan mandi air hangat. Mandi air hangat dipercaya akan membuat otot-otot menjadi rileks. Selain itu, tambahkan minyak esensial, kemudian lakukan sedikit pemijatan di sekitar kepala. Lainnya, relaksasi dengan pergi ke tempat spa juga menjadi pilihan yang menyenangkan.

Kompres air panas atau dingin
Tempelkan kompres panas atau dingin di bagian yang terasa sakit, lalu biarkan selama 15 menit. Meskipun belum teruji secara ilmiah, namun para ahli menduga bahwa kompres dingin bisa memperlambat aliran darah dan mengurangi peradangan. Sementara kompres panas bisa meningkatkan aliran darah dan meredakan nyeri.

Minum secangkir kopi
Untuk sakit kepala skala ringan, minum secangkir kopi justru bisa menjadi obat yang manjur. Kafein dalam kopi dapat menghambat adenosine, sejenis neurotransmiter yang bisa menyebabkan pembuluh darah melebar dan menciptakan tekanan. Ini juga berfungsi sebagai penghalau reseptor otak yang menekan dan menyempitkan pembuluh darah.

Mengkonsumsi kafein sesaat setelah sakit kepala juga datang bisa membantu meredakan rasa nyeri. Namun hal ini hanya berlaku bagi mereka yang jarang minum kopi maupun bagi mereka yang rutin mengkonsumsi tak lebih dari 1 cangkir dalam sehari. Kalau sudah biasa minum kopi mungkin tidak ada efeknya 🙂

Minum teh peppermint
Perubahan neurokimia di otak akibat serangan sakit kepala juga dapat mempengaruhi bagian otak yang menciptakan rasa mual. Teh peppermint dapat meredakan semua keluhan itu. Namun bila Anda sedang hamil, sebaiknya jangan mengkonsumsi peppermint tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Akupunktur
Teknik akupunktur dapat membantu melepaskan endorphin, penghilang rasa sakit alami di dalam tubuh. Cara ini bisa menghancurkan ketegangan sakit kepala kronis.

Minum air secukupnya
Jangan pernah menganggap sepele dari segelas air putih. Dengan minum air, cairan yang berkurang dalam tubuh dapat segera terisi kembali. Rasa pusing Anda pun otomatis akan mereda.

loading...
Loading...
sakit kepala teriak teriak

Cara Mengurangi dan Mengobati Rasa Sakit Kepala | lawas | 4.5