Loading...

Cara mengobati sariawan dengan cepat

Sariawan merupakan terjadi peradangan pada mulut atau lidah, biasanya ditandai dengan mulut yang memerah kemudian terbentuk seperti bengkak. Walaupun bukan penyakit mengerikan, namun sariawan itu merupakan penyakit yang sangat mengganggu saat makan, berbicara dan lain lain. Sariawan juga menimbulkan bau mulut. Maka dari itu, jika anda terkena sariawan mungkin akan segera mencari obatnya walaupun bisa sembuh sendirinya.

Anda bisa mencoba cara mengobati sariawan dengan cepat dengan menggunakan bahan yang sangat mudah ditemukan di sekitar anda :

1. Kunyit bubuk

Selain digunakan untuk bumbu masakan ternyata kunyit bubuk juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Caranya yaitu dengan mencampur bubuk kunyit dengan satu sendok teh gliserin sehingga dihasilkan bentuk seperti pasta. Lalu oleskan pasta tersebut ke bagian mulut yang terkena sariawan.

2. Baking soda & garam

Caranya campur garam dan baking soda dengan sedikit air lalu akan berbentuk pasta. Oleskan pasta ke bagian sariawan. Biarkan selama 10 menit kemudian berkumur dengan air dingin.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung zat zat yang bersifat anti bakteri. Karena itu, anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk mengobati sariawan. Caranya, campur minyak kelapa dan madu. Kemudian oleskan ke bagian yang terkena sariawan.

4. Air kelapa muda

Air kelapa muda memiliki sifat menenangkan sistem pencernaan, air kelapa muda juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Air kelapa muda juga dapat mendinginkan tubuh atau mencegah dehidrasi. Oleh karena itu air kelapa muda juga baik untuk menyembuhkan sariawan.

5. Daun jambu biji

Mungkin selama ini anda tahu jika daun jambu biji hanya bisa menyembuhkan diare, tetapi faktanya daun jambu biji juga dapat menyembuhkan sariawan. Caranya dengan mengunyah daun jambu biji beberapa lembar lalu berkumur dengan air dingin.

6. Es batu

Tidak hanya untuk mengompres, es batu juga bisa digunakan untuk meredakan sariawan. Tempelkan es batu ke bagian mulut yang terkena sariawan.

7. Tomat

Anda pasti sudah tahu jika pada buah tomat terkandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C mampu menyembuhkan sariawan. Caranya iris bagian tomat tipis-tipis, kemudian tempelkan pada sariawan atau bisa juga anda memakannya langsung.

loading...
Loading...
Cara mengobati sariawan dengan cepat | akbar | 4.5