Loading...

5 Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar (BAB) Selama di Perjalanan

Duduk berjam-jam di kendaraan selama di perjalanan tidak hanya membuat badan kaku dan pegal-pegal, namun ini juga bisa mengganggu keseimbangan mikroba pada usus. Penyebabnya adalah karena selama di kendaraan badang menjadi kurang gerak dan ini merangsang penyumbatan pada usus.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar atau BAB

Tidak ada cara yang benar-benar ampuh dalam mencegah kondisi seperti ini ketika bepergian. Karena setiap orang memiliki kondisi mikroba yang berbeda-beda. Meski demikian ada beberapa tips sederhana yang bisa dicoba setidaknya untuk membantu meringankan masalah sembelit yang anda alami. Berikut beberapa diantaranya:

1. Cukupi asupan cairan
Untuk membantu melunakkan feses sehingga dapat lebih mudah dikeluarkan, maka konsumsilah lebih banyak air putih maupun jus buah. Jangan lupa untuk menghindari minuman beralkohol atau berkafein. Karena banyak mengonsumsi keduanya tersebut bisa membuat tubuh anda menjadi dehidrasi.

Baca juga: penyebab dan cara mengasi susah buang air besar (BAB) pada bayi

2. Makan serat yang cukup
Makanan berserat tinggi seperti biskuit sereal, gandum, yogurt, kacang, atau roti bisa melunakkan feses. Sebaiknya hindari makanan yang rendah serat seperti es krim, keju, makanan olahan, atau permen. Karena nantinya makanan tersebut bisa memperparah kondisi sembelit.

3. Tetaplah aktif bergerak
Gerakan anda akan menjadi terbatas selama diperjalanan. Karena itu setelah sampai di tempat tujuan atau di tempat peristirahatan, sebaiknya lakukan sedikit peregangan.

4. Jangan menunda untuk buang air
Minum air selama perjalanan akan membuat anda jadi lebih mudah buang air nantinya. Jika sudah merasa kebelet untuk kencing atau buang air besar, jangan menundanya.

Baca juga: cara mencegah sembelit pada ibu hamil

5. Istirahat yang cukup
Ini mungkin akan menenangkan pikiran anda dan mengurangi stres yang melanda selama bepergian.

Penting juga untuk membawa obat pencahar dan peralatan kebersihan untuk membersihkan toilet atau diri anda setelah buang air. Namun ingat, sebaiknya menggunakan obat pencahar dengan bijak, pastikan sesuai dosis. Mungkin sebagian dari anda tidak terbiasa menggunakan toilet umum pada saat melakukan perjalanan jauh, tapi ini bisa disiasati. Misalnya dengan membawa tisu sendiri atau sambil mendengarkan musik.

loading...
Loading...
5 Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar (BAB) Selama di Perjalanan | akbar | 4.5