Loading...

Cara mengatasi rasa pegal

Rutinitas yang menguras fisik biasanya akan menyebabkan berbagai gejala penyakit ringan seperti badan pegal-pegal. Bukan hanya aktfitas berat yang menguras tenaga, menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer juga dapat menyebabkan badan menjadi pegal. Tentu saja hal ini akan sangat mengganggu produktivitas dan kinerja sehingga menjadi tidak maksimal.

Badan pegal bisa disebabkan oleh otot yang kaku atau tenaga yang terlalu diforsir. Memang seperti serba salah, jika jarang digerakkan ia akan menjadi kaku dan pegal, namun jika sering digunakan ia juga mengalami hal yang sama. Tentu saja ada beberapa cara untuk mengatasi rasa pegal tersebut, seperti:

  1. Cobalah untuk berisitirahat sejenak setelah pulang kantor atau aktifitas lainnya yang menguras tenaga. Merebahkan badan sejenak di tempat tidur atau kursi malas adalah cara yang tepat untuk melemaskan otot-otot yang kaku. Dengan begitu tubuh akan menjadi fresh dan bugar kembali.
  2. Mandi air hangat adalah relaksasi yang patut anda coba. Berendam di tub berisi air panas atau mandi dengan shower yang menggunakan water heater tentu akan membuat tubuh yang pegal menjadi segar sehingga siap untuk melanjutkan aktifitas.
  3. Jika profesi mengharuskan anda bekerja untuk duduk selama berjam-jam. Lakukan stretching atau peregangan minimal 30 menit sekali untuk melemaskan otot-otot yang kaku. Selain itu anda juga dapat melihat tanaman-tanaman hijau yang rindang untuk memberikan relaksasi pada otot mata.
  4. Gunakan obat luar pereda rasa pegal seperti balsam, salep atau obat gosok. Oleskan pada bagian yang kaku ssecara merata setelah itu diamkan selama beberapa saat dan gerakkan seperti anda melakukan pemanasan kecil. Dengan begitu setidaknya rasa pegal akan sedikit terobati.

Dengan mengikuti ke-4 tips diatas, rasa pegal di badan akan berkurang secara efektif. Jangan lupa untuk tetap menjaga pola makan dan tidur secara teratur karena biasanya badan yang pegal bisa disebabkan oleh asupan kalori yang kurang sehingga memforsir kinerja otot atau waktu istirahat yang minim dan membuat tubuh yang kekurangan tenaga menjadi semakin kaku akibat aktiftas yang berat.

loading...
Loading...
Cara mengatasi rasa pegal | akbar | 4.5