Loading...

Cara mengatasi kecanduan gadget

Di zaman serba hi-tech seperti saat ini gadget seperti sudah menjadi kebutuhan banyak orang, namun jika ditilik dengan lebih lanjut sebenarnya penggunaan gadget bisa membuat beberapa orang menjadi kecanduan atau addicted. Gaya hidup konsumerisme seperti gonta-ganti smartphone terbaru, membeli kamera DSLR yang belum tentu sering digunakan atau mengganti laptop yang biasa kita pakai dengan komputer tablet padahal tidak kompatibel dengan pekerjaan kita adalah beberapa ciri-ciri dari orang yang sudah kecanduan gadget.

Agar terhindar dari gaya hidup yang serba konsumtif ini, sebaiknya ikuti beberapa langkah untuk mencegah dan mengatasi kecanduan akan penggunaan gadget tersebut.

Bedakan antara keinginan dan kebutuhan

Dunia menawarkan banyak pilihan, gadget yang anda beli sekarang dalam 2-3 bulan ke depan akan menjadi produk basi dan andapun akan menggantinya agar tidak disebut ketinggalan jaman. Namun sebelum memutuskan alangkah baiknya jika anda berpikir, apakah membeli gadget baru adalah sebuah kebutuhan atau hanya keinginan sesaat saja? Atau apakah gadget yang lama anda sudah tidak bisa digunakan lagi?

Tidak ada yang melarang anda untuk membeli gadget terbaru, namun sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu apakah penggunaan gadget tersebut memang penting untuk kebutuhan dan aktivitas keseharian anda.

Mengecek finansial

Hedonisme telah membuat orang lupa akan kemampuan finansial hanya demi memuaskan nafsu akan gaya hidupnya saja. Efek dari kecanduan gadget akan membuat orang berlomba-lomba untuk memiliki gadget terbaru walaupun secara finansial tidak mendukung. Menggesek kartu kredit biasanya akan menjadi pilihan, namun ketahuilah bahwa sering menggesek credit card hanya akan memperparah kondisi keuangan dan membuat anda terbelit dalam hutang. Belilah gadget sesuai kemampuan finansial anda dan sebaiknya hindari berhutang hanya demi sebuah gadget.

Buat skala prioritas

Tentukan skala prioritas dalam hidup anda. Apakah membeli gadget terbaru menjadi prioritas utama anda? Sebaiknya cobalah membuat prioritas dengan menabung atau berinvestasi yang bisa lebih menjamin masa depan. Ingat, masa depan anda tergantung dari uang yang anda tanam untuk hari yang akan datang. Apakah anda merasa bahwa masa depan anda terletak pada gadget terbaru yang anda miliki? Jika tidak, buatlah skala prioritas agar tidak terjebak dalam gaya hidup konsumerisme tersebut.

loading...
Loading...
kecanduan gadget

Cara mengatasi kecanduan gadget | akbar | 4.5