Loading...

Cara Mengatasi Jerawat Menggunakan Bahan yang Alami

Jerawat menjadi salah satu masalah yang paling umum dan sering dikeluhkan oleh kebanyakan orang. Terutama adalah mereka yang masih dalam usia pubertas. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Pemakaian kosmetik, polusi yang semakin parah ditambah dengan kurangnya melakukan perawatan menjadi penyebab jerawat yang paling umum. Beberapa tindakan tentu perlu diambil agar jerawat tidak muncul dan terus bercokol di wajah cantik anda.

Meski wajah menjadi tempat paling umum munculnya jerawat, namun beberapa bagian tubuh juga rentan ditumbuhi jerawat. Akan tetapi yang paling banyak ditakutkan adalah jerawat di wajah.

Tidak hanya pada masa tumbuhnya saja jerawat menjadi masalah, namun ketika sudah sembuh pun seringkali jerawat masing meninggalkan masalah tersendiri. Yaitu bekas jerawat yang menghitam. Butuh kosmetik lebih tebal untuk bisa menutupi bekas jerawat.

Bahan Alami untuk Mengatasi Masalah Jerawat yang Mengganggu

Meski saat ini sudah ada banyak dijual obat penghilang jerawat, namun tidak ada salahnya bila mencoba untuk menggunakan obat dari bahan alami untuk menyembuhkan jerawat. Berikut ini adalah beberapa makanan layak konsumsi yang bisa membantu dalam mengatasi masalah jerawat yang tengah anda hadapi, diantaranya:

1. Kacang Brasil
Kandungan selenium yang terkandung dalam kacang brasil merupakan asupan super untuk kesehatan kulit. Karena mineral ini bertindak sebagai antioksidan, membantu mengurangi peradangan yang diketahui bisa menyebabkan jerawat.

Ada bisa menambahkan kacang brasil sebagai topping oatmeal atau makanan ringan anda untuk membantu membersihkan kulit.

2. Wortel
Wortel kaya akan kandungan vitamin A dan beta-karoten. Mengonsumsi sayuran wortel akan membantu mengurangi jerawat dan mencegah noda dengan mengurangi peradangan dan mengganti sel (pengelupasan kulit alami).

Selain itu, dengan mengonsumsi wortel juga akan membantu memperkuat pertahanan kulit untuk melawan bakteri.

Menurut hasil dari penelitian, diketahui bahwa adanya kaitan antara kadar vitamin A yang rendah dengan tingkat keparahan yang lebih tinggi dari jerawat. Karotenoid juga membantu dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dari sinar matahari.

3. Biji labu
Biji labu yang memiliki bentuk oval ini kaya akan kandungan fitonutrien, phytosterols dan mineral termasuk mangan, magnesium, tembaga, besi dan seng.

Zinc khususnya memiliki kekuatan antioksidan dan juga telah terbukti mengurangi produksi sebum yang dikenal sebagai akar penyebab jerawat.

4. Ikan salmon
Ikan salmon kaya akan kandungan omega-3, asam lemak esensial yang berperan dalam memerangi peradangan dan membuat kulit menjadi bersinar. Salmon juga membantu menjaga berat badan dan memberikan kontribusi untuk kesehatan mental yang baik.

Diet tinggi omega-3 telah mengurangi tingkat jerawat.

5. Tomat
Tomat dikenal kaya akan kandungan vitamin C dan bioflavonoid. kandungan sifat antioksidan di dalam tomat menjadikannya baik untuk sistem kekebalan tubuh dan juga luar biasa untuk kulit.

Antioksidan merupakan senyawa yang baik dalam melawan radikal yang menyebabkan peradangan (terkait dengan terjadinya jerawat).

6. Teh hijau
Dehidrasi bisa menyebabkan pembengkakan dan menyebabkan obat jerawat atau perawatan kulit lainnya bekerja lebih lambat.

Dengan memberikan hidrasi yang tepat akan meningkatkan pergantian sel, yang berarti anda memiliki sel-sel baru yang lebih sehat untuk memperbaiki kulit.

Teh hijau dan hitam, tanpa adanya tambahan gula, akan membantu anda mengurangi peradangan.

loading...
Loading...
Cara Mengatasi Jerawat Menggunakan Bahan yang Alami | akbar | 4.5