Loading...

Cara mengajari anak agar mahir berenang

Berenang adalah salah satu olahraga menyehatkan, dengan berenang pula kita bisa terhindar dari bahaya atau bencana yang mengharuskan kita untuk melewati air. Namun dewasa ini masih banyak orang yang belum mahir atau bahkan tidak bisa berenang, karena itu diperlukan pola didik khusus terutama bagi anak-anak anda agar ia mahir berenang. Dengan kepiawaiannya dalam olahraga tersebut ia juga bisa mendapatkan kesenangan ketika berlibur ke pantai atau mengikuti kegiatan ekstrakulikuler berenang di sekolahnya.

Agar anak anda mahir berenang, cobalah beberapa tips yang dapat membantunya dalam menguasai olahraga air tersebut.

1. Ajarkan sejak dini

Ajarkan anak anda cara berenang sejak usia dini. Di usia 1-2 tahun anda bisa berikan ban pelampung lalu di usia 3-4 tahun anda mulai bisa mengajarkannya berenang dengan cara dituntun. Dengan jadwal dan rutinitas yang konsisten, jangan heran bila sebelum melewati usia balita ia sudah mahir berenang.

2. Berikan sedikit ‘paksaan’

Jika ia sudah mahir berenang, jangan biarkan anak anda bermain air seenaknya saat berada di kolam renang. Berikan ia paksaan agar mengelilingi kolam renang 2-3 kali terlebih dahulu baru kemudian boleh bermain sepuasnya. Jika ditanamkan sejak dini dan dengan sedikit paksaan, maka dengan sendirinya ia akan selalu ingat untuk mengitari kolam terlebih dahulu sebelum berenang sepuasanya.

3. Jangan lupa stretching

Stretching atau peregangan sangat diperlukan agar terhindar dari kram perut, kram betis sampai kram tangan. Sebagai orangtua anda bisa mengajarkannya untuk melakukan peregangan yang benar sebelum menyebur ke kolam renang. Lakukan stretching minimal 10-15 menit sebelum berenang.

4. Beri reward

Berikan reward atau hadiah bila anak anda sangat susah untuk diajari berenang. Dengan memberikan hadiah bila ia sudah mahir berenang maka itu akan memberikannya semangat serta motivasi agar ia menjadi mahir dalam olahraga tersebut. Namun jangan lupa untuk menepati janji anda agar ia tidak kecewa.

Beberapa tips diatas dapat anda terapkan dalam kehidupan keluarga khususnya ketika mengajari anak cara berenang. Jika ia sudah mahir, tentunya hal itu untuk kebaikannya sendiri sebagai bekal dalam bidang olahraga atau dalam menghadapi situasi darurat.

loading...
Loading...
Cara mengajari anak agar mahir berenang | akbar | 4.5