Loading...

Cara mendidik anak, agar tidak lagi menjadi anak yang nakal

Anak yang nakal saat ia masih kecil memang terlihat sehat dan hiperaktif, namun ketika kenakalan tersebut berlangsung hingga dewasa tentu akan sangat mengganggu proses tumbuh kembangnya baik secara mental dan psikologis. Karena itu, sebelum buah hati anda berada di usia akil balig atau pra remaja, berikanlah edukasi ekstra agar sifat nakalnya tersebut berkurang.

Berikut ini adalah beberapa cara yang patut dicoba untuk mendidik anak anda yang bandel.

  • Usia 5-10 tahun biasanya menjadi bibit kenakalan yang mungkin akan ia bawa sampai dewasa. Apakah ia suka iseng mengerjai temannya atau membully secara verbal. Bicarakan dengan baik-baik, bagaiana kalau ia adalah korban dari pembullyan atau kejahilan dari teman-temannya. Dengan begitu ia akan mulai berpikir dua kali sebelum meneruskna sifat nakalnya.
  • Apakah anak anda lebih suka menghabiskan waktu diluar bersama teman-temannya ketimbang mengerjakan PR di rumah. Bermain memang sudah menjadi kodrat anak kecil, namun berikan juga pengertian bahwa belajar sangatlah diperlukan. Buat pertauran bahwa ia hanya boleh bermain setelah mengerjakan setiap tugas dan pekerjaan rumahnya sampai selesai.
  • Begitu pula dengan anak yang hobi bermain game di gadget atau komputer. Batasi jam bermain anak anda karena jika dibiarkan secara terus menerus akan mengakibatan kecanduan sehingga ia lupa waktu, baik waktu untuk makan, waktu untuk belajar bahkan waktu untuk mandi.
  • Apakah anak anda termasuk anak yang malas belajar di sekolah? Agar ia lebih semangat, berikanlah sebuah reward atau imbalan. Misalkan jika di ujian matematikanya ia minimal mendapat nilai 7, maka anda aakan memberikan hadiah mainan yang selama ini diinginkannya. Berikan pula reward yang lebih tinggi jika nilai atau hasil test ujiannya juga semakin meningkat.

Kenakalan anak yang masih kecil memang bermacam-macam, mulai dari sifat malas belajar atau lebih suka bermain memang harus diedukasi sejak dini agar tidak menjadi karakternya ketika dewasa kelak. Berikanlah ajaran dan didikan dengan sebaik-baiknya agar sifat nakalnya tersebut mulai luntur ketika ia beranjak dewasa.

loading...
Loading...
Cara mendidik anak, agar tidak lagi menjadi anak yang nakal | akbar | 4.5