Loading...

Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang sangat penting untuk dijaga kebersihannya. Selalu menjaga kebersihan tangan akan menjaga kita terhindar dari berbagai penyakit yang mungkin masuk ke dalam tubuh melalui perantara tangan.

Ada ribuan dan bahkan jutaan kuman yang tidak kasat mata ada disekitar kita. Sadar atau tidak sadar, mau atau tidak mau, kita dan khususnya melalui tangan akan melakukan kontak atau bahkan impossible untuk terhindar samasekali (steril).

Dengan selalu mencuci tangan sampai bersih, setidaknya kita sudah melakukan satu tindakan pencegahan untuk meminimalisir masuknya kuman atau bakteri ke dalam tubuh yang sudah menempel di tangan.

Mencuci tangan adalah kebiasaan yang terlihat sepele namun sangat berarti. Agar benar-benar bersih, mencuci tangan pun ada aturannya, tidak sekedar membasahinya dengan air. Berikut adalah sembilan langkah cara mencuci tangan yang baik dan benar :

  1. Basahi tangan dengan air di bawah kran atau air mengalir.
  2. Ambil sabun cair secukupnya, dan akan lebih baik bila sabun tersebut mengandung antiseptik.
  3. Gosokkan telapak tangan ke telapak tangan selama beberapa detik sampai muncul busa secukupnya.
  4. Gosokkan kedua telapak tangan sampai ujung jari.
  5. Telapak tangan kanan menggosok punggung tangan kiri dengan jari-jari saling mengunci (berselang-seling) antara tangan kanan dan kiri. Gosok sela-sela jari tersebut. Lakukan sebaliknya.
  6. Pegang pergelangan tangan kanan dengan tangan kiri dan lakukan gerakan memutar. Lakukan pula untuk tangan kiri.
  7. Bersihkan sabun dari kedua tangan dengan air mengalir.
  8. Keringkan tangan dengan menggunakan tissue dan bila menggunkan kran, tutup kran dengan tissue.
  9. Hindarkan menyentuh benda disekitarnya setelah mencuci tangan.

Lakukan langkah-langkah di atas setiap kali Anda mencuci tangan agar tangan Anda selalu bersih dan bebas dari kuman penyebab penyakit. Karena mencuci tangan dengan benar merupakan cara paling efektif untuk mencegah penyebaran penyakit menular.

loading...
Loading...
gambar tangan berdarah, foto batuk berdarah di tangan, foto orang muntah darah di tangan, gambar2 tangan berdarah, Foto muntah darah ditangan, cara mengatasi tangan kasar karena semen, photo darah ditangan batuk, foto batuk darah ditangan, gambar muntah darah di telapak tangan, fto muntah darah di tangan, gambar muntah darah com, supaya tangan tidak bolong kena semen, mengobati tangan bolong akibat semen, foto jari di, luka kcelakaan dibtangan, poto batuk berdarah, Foto batuk berdarH, gambar tangan, gambar luka kecelakaan dikaki, gambar gambar muntah darah, foto tangan tekena pisau, foto tanggan di per, muntah darah gambar, cara mengobati jari tangan kena semen, Gambar tangan terluka bergerak, donlod potoh tangan pake perban, jari tangan diperban, download foto muntah darah, gambar batuk darah di, gambar dp tangan berdarah

Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar | lawas | 4.5