Loading...

Cara Mencegah Munculnya Bau Mulut yang Mengganggu

Bau mulut menjadikan kita kurang percaya diri saat harus berbicara dengan saling berhadap-hadapan atau bertatap muka dengan jarak yang sangat dekat.

Bau mulut atau istilah kedokteran giginya adalah halitosis merupakan bau yang timbul akibat proses bakteri di dalam mulut. Komponen bakteri penyebab utama munculnya bau mulut adalah bakteri hidrogen sulfida dan merkaptan.
Untuk mencegah munculnya bau mulut, ada beberapa hal yang bisa lakukan, antara lain:

  1. Menyikat gigi yang benar. Melakukan penyikatan gigi dengan teknik yang tepat dan optimal dengan pasta gigi ber-fluor, serta melakukan penyikatan lidah.
  2. Menggunakan agen antibakteri untuk rongga mulut, yaitu obat kumur klorheksidin (namun tidak boleh digunakan dalam waktu yang panjang secara terus-menerus).
  3. Memberikan rangsangan agar air liur/ludah keluar dengan cara banyak makan buah yang berserat dan sayuran hijau, banyak mengkonsumsi air mineral, atau dapat menggunakan obat kumur baking soda.
  4. Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis diantara waktu makan utama, hal ini untuk mencegah terjadinya gigi berlubang yang dapat menimbulkan bau mulut.
  5. Secara rutin melakukan pemeriksaan dan pembersihan karang gigi di Dokter Gigi.
  6. Jika ada tambalah gigi yang sudah mulai bermasalah, lepas mungkin, maka sebaiknya segera perbaiki tambalan gigi yang tidak baik tersebut di Dokter Gigi.
  7. kurangi kebiasaan buruk seperti merokok, merokok merupakan salah satu penyebab utama munculnya bau mulut.
  8. Jika Anda mempunyai penyakit sistemik tertentu atau penyakit gangguan pencernaan, sebaiknya segera konsultasikan ke Dokter Spesialis yang berkompeten, untuk segera dilakukan perawatan.

Semoga informasi tentang tips cara mencegah munculnya bau mulut di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

loading...
Loading...
Cara Mencegah Munculnya Bau Mulut yang Mengganggu | lawas | 4.5