Loading...

Cara mencegah kram kaki saat istirahat malam hari

Pernah mengalami kaki kram saat malam hari, ketika anda ingin istirahat? Terasa sangat mengganggu bukan?

Kram mungkin bukanlah penyakit yang terlalu berbahaya. Biasanya, saat terjadi kram, setelah dibiarkan selama beberapa menit rasa sakit akibat kram akan hilang dengan sendirinya. Namun demikian, anda tentu tidak menyukai bila tiba-tiba salah satu anggota tubuh, semisal kaki, mengalami kram.

Kram sendiri adalah merupakan suatu gangguan pada otot yang biasanya cenderung terjadi akibat dari kadar natrium dalam darah yang terlalu rendah. Kram terjadi disebabkan oleh kejang otot ketika serat otot berkontraksi atau menyusut. Penyebab sering mengalami kram lainnya bisa juga karena menderita penyakit tiroid dan diabetes.

Cara Mencegah Kram

Daripada anda diganggu dengan rasa sakit karena kram, melakukan pencegahan sebelum itu terjadi tentu akan lebih baik. Bagaimana cara mencegah kram?

Lakukan peregangan sebelum tidur. Untuk membantu meningkatkan aliran darah ke otot-otot dan menghentikan peregangan yang memicu kram, mandi hangat sebelum melakukan peregangan bisa jadi ide yang baik.

Anjuran lain untuk mencegah terjadinya kram adalah dengan minum tonic water. Bila sudah terlanjur mengalami kram di kaki, sangga kaki anda menggunakan bantal dan berbaringlah. Kemudian lakukan pemijatan ringan selama beberapa menit untuk membantu melancarkan aliran darah sehingga kram bisa segera reda.

Biasanya kram terjadi akibat dari tidak seimbangnya elektrolit – magnesium dalam tubuh, kalsium dan juga kalium, atau bisa juga karena tubuh kekurangan vitamin E.

Melakukan pola hidup sehat juga bisa membantu mencegah kram di kaki saat istirahat malam. Berikut asupan makanan yang sebaiknya anda konsumsi setiap harinya untuk membantu mencegah kram :

  1. Konsumsi tahu, kacang-kacangan, kentang dan oatmeal untuk meningkatkan kadar magnesium dalam tubuh.
  2. Bila anda tinggal di daerah pegunungan, air ledeng bisa menjadi sumber magnesium yang baik. Karena itu, minumlah dua setengah liter cairan sehari untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi.
  3. Orang dewasa membutuhkan sekitar 700mg kalsium per hari. Anda bisa mendapatkan kecukupan asupan kalsium dengan mengonsumsi 200 ml susu, satu botol kecil yoghurt atau sepotong kecil keju. Sumber kalsium nondairy termasuk sayuran berdaun hijau, ikan bertulang kecil seperti sarden, sereal, jus jeruk dan kacang-kacangan.
  4. Anda bisa makan buah pisang, kacang-kacangan, bawang putih dan bawang merah, dan buah-buahan serta sayuran untuk memenuhi kebutuhan kalium tubuh setiap harinya. Pastikan diet Anda kaya akan vitamin E – termasuk minyak sayur, biji-bijian,kacang-kacangan, alpukat dan ubi jalar.

Selain dengan mengonsumsi makanan sehat, melakukan olahraga ringan secara teratur, semisal jalan kaki, juga akan membantu memperpanjang otot. Ketika anda punya waktu luang, sempatkan tubuh anda untuk bergerak dengan berjalan untuk meregangkan otot.

loading...
Loading...
Cara mencegah kram kaki saat istirahat malam hari | akbar | 4.5