Loading...

Cara Mencegah dan Mengatasi Agar Kentut Tidak Bau Busuk Menyengat

Kentut adalah akumulasi gas yang ada dalam usus yang dikeluarkan melalui lubang anus. Secara umum kentut memang beraroma tidak sedap, bahkan tidak jarang baunya begitu busuk. Karenanya banyak orang menahan untuk tidak membuang gas sembarangan, terutama ketika sedang berada di tempat umum dimana banyak orang di sekitarnya.

Bau busuk dari kentut yang dikeluarkan ini biasanya dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Karenanya sangat penting untuk menjaga dan memilah-milah makanan yang dikonsumsi.

Penyebab Kentut Bau Busuk Seperti Sampah

Umumnya orang yang kentutnya bau busuk adalah mereka yang banyak memakan daging. Daging kaya akan protein, padahal protein mengandung banyak sulfur. Karena itulah orang yang banyak makan daging biasanya akan memiliki kentut yang berbau busuk seperti sampah.

Selain daging, telur juga bisa menyebabkan bau kentut semakin menyengat karena kandungan protein di dalamnya. Sementara itu, makanan sejenis rempah-rempah dan kacang-kacangan juga bisa menambah bau khas kentut.

Cara Mencegah, Agar Kentut Tidak Bau Busuk

Mengeluarkan kentut di tempat umum dengan bau yang cukup menyengat adalah hal yang cukup memalukan. Karenanya tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk menahan kentut. Padahal, bila sering menahan kentut bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Beberapa akibat dari sering menahan kentutu misalnya adalah mengakibatkan perut semakin kembung dan mulas, serta bau khasnya bertambah semakin busuk karena akumulasi gas dan senyawa yang terus bertambah di dalam perut. Inilah salah satu hal yang menjadi penyebab kenapa kentut wanita biasanya lebih berbau busuk. Karena ada lebih banyak kaum wanita yang memilih untuk menahan kentut daripada menahan malu.

Untuk mencegah akumulasi gas dengan senyawa yang semakin membuat kentut berbau busuk ketika dikeluarkan, maka rajin buang air besar secara rutin bisa menjadi solusi terbaik untuk menghindari agar kentut tidak berbau busuk.

Tinja layaknya sampah yang bila lama dibiarkan maka akan menyebabkan bau busuk. Karena itu usahakn minimal sekali dalam sehari untuk buang air besar agar bau gas di dalam perut tidak semakin menumpuk dan menyengat ketika keluar nanti.

Selain dengan rajin buang air besar, bau menyengat dari kentut juga bisa dikurangi dengan beberapa cara, diantaranya adalah dengan merubah pola makan. Karena perubahan pola makan dan gaya hidup bisa membantu mengurangi jumlah gas dalam tubuh.

Beberapa jenis minuman teh herbal seperti teh chamomile, teh hijau atau ppeppermint bisa membantu tubuh untuk mencerna makanan dengan benar sehingga mencegah kentut berbau.

Makanan penyebab gas di dalam perut juga perlu dihindari, misalnya saja adalah kacang-kacangan dan umbi-umbian. Sementara itu beberapa jenis sayuran juga perlu dihindari seperti misalnya brokoli, kubis, kecambah dan kembang kol terutama ketika sedang mengalami perut kembung. Adapun alkohol dan minuman bersoda juga bisa membuat anda menjadi lebih sering kentut dan berbau, karena itu jenis minuman ini juga perlu dihindari.

Ada beberapa orang yang tidak toleran terhadap laktosa, yang bisa membuat tubuh lebih sering kentut dengan bau yang busuk. Karena itu anda perlu memperhatikan apakah gas dalam perut meningkat saat mengonsumsi produk susu seperti susu, keju dan yogurt.

Olahraga yang dilakukan secara rajin dan teratus bisa membantu meringankan chronic intestinal gas (kentut yang berlebihan) yang menyebabkan kentut berbau busuk. Beberapa jenis latihan ringan bisa dipilih misalnya jalan kaki dan yoga karena bisa membantu kerja sistem pencernaan yang sehat sehingga tidak menghasilkan gas yang berlebihan.

Perubahan dalam kebiasaan waktu makan juga perlu dilakukan. Hal ini penting untuk dilakukan guna membantu tubuh mencerna makanan dengan benar dan mengurangi udara yang masuk ke perut saat makan. Untuk itu sebaiknya mengunyah makanan secara perlahan, mulut tertutup, tidak dengan gigitan besar dan tidak bicara saat makan. Untuk mencegah lebih banyak udara masuk ke perut, sebaiknya tidak menggunakan sedotan saat minum dan juga hindari mengunyah permen karet.

loading...
Loading...
Cara Mencegah dan Mengatasi Agar Kentut Tidak Bau Busuk Menyengat | akbar | 4.5