Loading...

Cara Memilih Lensa Kontak

Cara Memilih Contact Lens atau Lensa Kontak yang Benar dan TepatMengetahui bahan yang digunakan untuk membuat lensak kontak sangatlah penting jika Anda ingin memilih lensa kontak untuk Anda gunakan. Bagaimana cara memilih lensa kontak yang benar dan tepat?

Jika Anda akan membeli lensa kontak untuk anak-anak atau orang tua, sebaiknya Anda memilih lensa kontak kaku tembus oksigen (gas permeable contact lens) sehingga mencegah lensa kontak terbalik waktu dipasang di mata.

Sementara untuk orang yang hanya memakai lensa kontak pada saat acara tertentu dengan durasi yang pendek, sebaiknya Anda memilih lensa kontak yang tipis, dengan kandungan air tinggi, sehingga adaptasinya cepat (hanya beberapa menit). Karena untuk lensa kontak yang kaku membutuhkan masa adaptasi minimal tiga hari.

Menurut dr Hj Enni Cahyani P SpM MKes MMR, spesialis mata dari Rumah Sakit Mata Dr Yap, Yogyakarta, adanya kelainan-kelainan anatomi pada mata juga harus diatasi lebih dulu, baru diberikan lensa kontak. Kelainan itu misalnya: trauma yang berakibat permukaan kornea menjadi tidak licin, tidak teratur, dan gangguan tajam penglihatan.

Sementara pada ibu hamil, terutama pada trimester terakhir, saat di mana sering terjadi gangguan perubahan hormon dan retensi air, disarankan untuk sementara waktu tidak memakai lensa kontak. Sebaiknya ibu hamil memakai kacamata saja pada saat kehamilan trisemester ketiga.

loading...
Loading...
Cara Memilih Lensa Kontak | chsa | 4.5