Loading...

Cara Membuat Susu Kedelai

Harga susu kedelai terbilang cukup murah. Namun demikian, tidak ada salahnya bukan kalau kita bisa membuat susu kedelai sendiri? Selain bisa menjaga ke-higienis-an susu, membuat susu kedelai sendiri tentulah memberikan kepuasan.

Berikut ini adalah cara sederhana membuat sendiri susu kedelai agar manfaat optimal bisa didapat:

1. Merendam
Bersihkan biji kedelai dan rendam dalam air selama 10-16 jam. Anda bisa menguliti biji kedelai dan membilasnya dengan air. Menguliti biji kedelai ini bakal membuat proses ekstrasi susu kedelai jadi lebih efisien.

2. Memanaskan (opsional)
Pemanasan ini boleh tidak dilakukan. Pemanasan ini hanya untuk menghilangkan bau langu yang ada di biji kedelai. Proses pemanasan bisa dilakukan dengan memasukkan biji kedelai yang sudah direndam ke dalam microwave selama dua menit.

3. Menggiling biji kedelai
Giling biji kedelai yang sudah direndam dengan satu liter air dalam mesin blender. Saring menggunakan kain untuk memisahkan ampas dengan sari susu kedelai. Agar susu tidak terpisah dengan airnya, sebaiknya sesudah di rebus proses penyaringan tertunda hingga berjam-jam lamanya.

4. Merebus susu kedelai
Panaskan susu kedelai sampai titik didih dan teruskan merebusnya selama lima sampai sepuluh menit. Jangan lupa, aduk terus susu kedelai selama proses merebus. Tunggu sampai dingin dan susu kedelai siap diminum. Susu ini bisa disimpan dalam lemari es sampai tiga hari.

5. Memberi rasa (opsional)
Susu kedelai bisa diminum apa adanya, tapi bisa juga ditambahkan gula sebagai perasa. Dengan susu kedelai, Anda juga dapat membuat smoothies buah yang sangat sehat karena mengandung kedelai dan buah-buahan segar.

loading...
Loading...
manfaat susu kedelai tidur, mesin kedele macet, susu kedelae di campur alpukad, susu kedelai palsu, bahasa inggrisnya penjual susu kedelai, cara menguliti bi, mengkonsumsi susu kedelai campur alpukat, rsep selai kedelai

Cara Membuat Susu Kedelai | lawas | 4.5