Loading...

Cara Membedakan Daging Sapi Oplosan

Beberapa waktu ini heboh mengenai berita adanya daging sapi yang dioplos dengan daging babi atau daging celeng yang kemudian diolah menjadi bakso. Bagi yang non muslim, kasus daging oplos tentu bukanlah masalah, namun bagi umat muslimini adalah masalah besar karena daging babi atau daging celeng hukumnya haram untuk dikonsumsi.

Untuk membedakan daging sapi dengan daging babi, setidaknya kita bisa mengetahuinya berdasarkan empat hal, yaitu dari warna, serat daging, tekstur lemak dan aromanya.

1. Warna
Jika dilihat dengan seksama, daging babi mempunyai warna yang lebih pucat. Warna daging sapi lebih menyerupai daging ayam.

2. Serat daging
Pada sapi, serat-serat daging tampak padat dan garis-garis seratnya terlihat jelas. Sedangkan pada daging babi, serat-seratnya terlihat samar dan sangat renggang.

3. Tekstur lemak
Daging babi memiliki tekstur lemak yang lebih elastis dan berair, sedangkan lemak pada daging sapi lebih kering, kaku, dan berbentuk.

4. Aroma
Daging babi memiliki aroma khas tersendiri, sementara aroma daging sapi adalah anyir seperti yang telah kita ketahui.

Jika Anda khawatir dengan bakso yang Anda makan, Anda bisa mengujinya dari kuah bakso yang Anda pesan. Sebagai informasi, kuah bakso dengan campuran daging babi, memiliki aroma yang lebih amis, dibanding dengan daging sapi.

loading...
Loading...
Cara Membedakan Daging Sapi Oplosan | lawas | 4.5