Loading...

Cara Membedakan Bakso Daging Asli dan yang Menggunakan Daging Oplosan

Bakso merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Hampir di setiap daerah di seluruh Indonesia selalu ada penjual bakso. Ya, bakso memang makanan favorit banyak orang, termasuk anda mungkin salah satunya.

Sayangnya, besarnya minat masyarakat terhadap bakso ini ternyata ternyata membuka peluang orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan sendiri. Salah satunya adalah dengan mengoplos daging sapi yang merupakan bahan utama pembuat bakso.

Karena itu, kita sebagai konsumen harus pandai-pandai membedakan antara bakso yang menggunakan daging sapi asli dengan bakso yang menggunakan daging sapi campuran (oplosan). Karena kita pun sebenarnya bisa membedakan bakso sapi asli dan bakso daging campuran.

Cara Membedakan Bakso Daging Asli dan Bakso yang Menggunakan Daging Oplosan (Campuran)

Perlu untuk kita ketahui, bahwa ada perbedaan yang jelas antara bakso yang menggunakan bahan campuran seperti formalin, boraks dan sebagainya. Pada bakso yang dibuat menggunakan formalin, maka bila dipegang akan terasa lebih keras (kenyal), garing dan tidak lengket. Ini berbeda dengan bakso biasa yang tanpa campuran. Jika bakso asli, pagi dibuat, maka sore hari pasti sudah lengket kalau dipegang. Dagingnya juga akan menempel ditangan dan berasa berminyak.

Sementara untuk membedakan bakso daging sapi asli bisa juga melalui warnanya, karena ada perbedaan warna yang jelas saat daging diolah menjadi bakso. Walau sama-sama berasal dari sapi, namun bila sapinya berbeda maka bentuknya juga akan berbeda. Bila membuat bakso memakai daging sapi, maka warnyanya agak keputihan, itupun kalau sapi biasa. Namun bila menggunakan daging sapi Bali yang memiliki warna daging yang lebih merah, maka baksonya juga agak merah.

Masih ada cara lain untuk membedakan bakso daging sapi asli dengan bakso daging campuran, yaitu dari aromanya. Namun untuk yang ini memang agak sulit, karena itu biasanya teknik ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah terbiasa membuat bakso daging sapi asli. Biasanya bakso campuran baunya agak semrangus (tidak sedap dan terlalu amis).

loading...
Loading...
cara membedakan bakso asli dan palsu, perbedaan bakso asli dan palsu, bakso palsu

Cara Membedakan Bakso Daging Asli dan yang Menggunakan Daging Oplosan | akbar | 4.5