Loading...

Cara Daftar SSCN.BKN.GO.ID: Syarat, Dokumen dan Alur Pendaftaran CPNS 2018

Pembukaan pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau yang biasa kita kenal dengan singkatan CPNS selalu ditunggu oleh banyak orang. Namun, para calon pelamar CPNS seperti masih harus menunggu waktu lebih lama lagi. Pasalnya, dari yang sebelumnya disebutkan bahwa pendaftaran CPNS melalui situs sscn.bkn.go.id yang dijadwalkan akan dibuka pada 19 September 2018 ternyata batal karena diundur.

Adapun untuk daftar menjadi CPNS hanya bisa dilakukan secara online melalui website resmi sscn.bkn.go.id, yang mana dijadwalkan akan dimulai pada 26 September 2018. Nantinya pendaftaran CPNS 2018 akan terintegrasi melalui portal sscn.bkn.go.id dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri yang dimiliki oleh suatu instansi.

Untuk total formasi CPNS 2018 kemenpan RB menyebutkan ada sebanyak 238.015 posisi, yang terbagi di instansi pusat dan daerah. Masing-masing daerah akan memiliki porsi yang berbeda, tergantung dari usulan dan yang disetujui.

Melalui akun resmi Twitternya @kementerianbumn, Kementerian BUMN memberikan informasi mengenai dokumen apa saja yang harus disiapkan bagi para pelamar, serta alur pendaftaran CPNS 2018.

Dokumen yang Harus Disiapkan untuk Daftar CPNS

Bagi anda yang tertarik untuk mengikuti tes CPNS 2018, maka pastikan bahwa sebelum melakukan pendaftaran ke suatu instansi, terlebih dahulu untuk mempersiapkan dokumen yang diperlukan. Adapun dokumen untuk persyaratan daftar online CPNS 2018 yang dibutuhkan meliputi:

  1. 1. Kartu Keluarga (KK)
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah
  4. Transkrip nilai
  5. Pas foto
  6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

Alur Pendaftaran CPNS 2018

Sementara itu, untuk alur atau tahapan dalam melakukan pendaftaran CPNS secara online sebagai berikut:

  1. Pelamar membuka web sscn.bkn.go.id dan membuat akun SSCN 2018. Informasi penerimaan CPNS 2018 dapat dilihat melalui portal SSCN.
  2. Panduannya adalah sebagai berikut.
    a. Untuk melakukan pendaftaran, pelamar memilih menu registrasi.
    b. Pelamar mengisikan NIK (Nomor Induk Kependudukan), Nomor KK (Kartu Keluarga) atau NIK Kepala Keluarga.
    c. Pelamar mengisikan alamat e-mail aktif, password akun portal SSCN dan pertanyaan keamanan.
    d. Pelamar mengunggah pas foto ukuran 120-200kb dengan format .JPG atau .JPEG.

Syarat Daftar CPNS 2018

Sesuai Pasal 23 Ayat 1 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017, bahwa setiap warga negara Indonesia (WNI) mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi seorang PNS. Namun demikian masing-masing calon peserta harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Adapun syarat untuk bisa daftar CPNS 2018 adalah sebagai berikut:

1. Pelamar berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi berusia 35 tahun pada saat melamar.

Terkait dengan batas umur ini, dapat dikecualikan untuk jabatan tertentu yang ditetapkan oleh Presiden, yakni berusia paling tinggi 40 tahun.

2. Pelamar tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara dua tahun atau lebih.

3. Pelamar tidak pernah diberhentikan dengan hormat, tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), anggota Polri, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta.

4. Pelamar tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Polri.

5. Pelamar tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis.

6. Pelamar memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.

7. Pelamar sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.

8. Pelamar bersedia ditempatkan di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

9. Persyaratan lain sesuai dengan kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). Lalu apakah masih ada persyaratan lain?

Menurut Mohammad Ridwan, Kepala Biro Humas BKN bahwa persyaratan tambahan untuk masing-masing formasi nantinya akan ditentukan oleh PPK Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D).

loading...
Loading...
Cara Daftar SSCN.BKN.GO.ID: Syarat, Dokumen dan Alur Pendaftaran CPNS 2018 | akbar | 4.5