Loading...

Cara Agar Anak Tidak Lagi Ngompol Saat Tidur

Kebiasaan mengompol pada anak – anak adalah suatu yang wajar, karena dia punya kandung kemih kecil yang tidak bisa menahan air seni dalam waktu lama, dan otot saluran kencing yang mudah kendur. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, dengan latihan dan pembiasaan bisa membantu mengatasi masalah ini.

Sebagai langkah pertama, adalah singkirkan perlak karpet di tempat tidur anak Anda, dan biarlah dia tidur dengan menggunaka celana biasa. Letakkan sebuah pispot dekat tempat tidurnya dan katakan kepadanya dengan lemah lembut dan sambil tersenyum bahwa Anda berdua akan berusaha menghentikan kebiasaan mengompolnya. Jangan lakukan tindakan ini dengan ragu – ragu, karena anak Anda dapat menangkap perasaan Anda dan dia sendiri juga ragu – ragu pula.

Sebuah perubahan dramatis dari kebiasaan rutin, serta pendekatan yang baru dan tegas, tanpa ragu – ragu kerap kali merupakan kunci keberhasilan. Jika Anda tetap memakaikan popok pada anak, dengan perlak karet pula di tempat tidurnya, maka anak Anda akan melihat hal baru dalam kebiasaan rutinnya dan berpikir bahwa dia diharapkan akan terus mengompol. Suruh anak Anda mengosongkan kandung kemihnya di pispot dekat tempat tidurnya tepat sebelum dia tidur di waktu malam.

Imbalan positif adalah kunci keberhasilan bagi anak Anda dalam mengatasi masalah ngompol. Di waktu pagi berilah dia imbalan psikologis dengan memeluk, menciumnya dan memberikan senyuman dan berikan dia kata – kata yang membangkitkan semangatnya. Misalnya “Mama hari ini senang dan bangga sekali karena kamu tidak ngompol! Kamu akan jadi anak yang cerdas. Kamu sudah tidak ngompol lagi, dan kamu akan dapat hadiah permen yang enak.”

Setelah anak Anda mulai terbiasa dengan kebiasaan barunya, secara lambat lalu kurangilah hadiah berupa barang, tetapi berilah pujian, hadiah psikologis, yang akan diperjuangkan oleh anak Anda dengan rasa bangga. Oleh karena itu, biasakanlah berkomunikasi dengan anak agar hubungan berlangsung baik dan lancar.

loading...
Loading...
trik menangkap jangkrik

Cara Agar Anak Tidak Lagi Ngompol Saat Tidur | lawas | 4.5