Loading...

Buah Mengkudu atau Pace Bisa untuk Mengobati Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi peningkatan tekanan darah secara kronis atau melebihi 140/90 mmH. Seseorang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi dalam keluarga, umumnya berisiko lebih tinggi mengidap penyakit tersebut. Apalagi bagi mereka yang mempunyai tingkat kebugaran yang rendah. Namun kondisi ini bisa diatasi dengan buah mengkudu.

Mengkudu atau yang dalam bahasa Jawa disebut dengan Pace ini merupakan buah prmadona untuk mengobati darah tinggi. Buah buruk rupa ini dipercaya dapat mengobati penyakit tekanan darah tinggi. Tumbuhan yang memiliki nama latin Morinda citrifolia ini termasuk jenis kopi-kopian yang merupakan tumbuhan asli Indonesia.

Ciri-ciri tanaman mengkudu yaitu tumbuhan ini mempunyai batang tidak terlalu tinggi yakni tiga hingga delapan meter. Daunnya bersusun berhadapan sedangkan bunganya berbentuk bongkol yang kecil-kecil dan berwarna putih. Buahnya berwarna hijau mengkilap dan berwujud buah buni berbentuk lonjong dengan variasi trotol-trotol. Adapun bijinya banyak dan kecil-kecil terdapat dalam daging buah.

Buah dan daun mengkudu merupakan bahan pangan yang mempunyai kandungan gizi lengkap. Selain berbagai vitamin, protein, dan mineral, mengkudu juga mengandung xeronine, proxeronine, steroid alami, alizarin, lysin, sodium, asam kaprat, asam kaprilat, dan asam kaproat.

Di antara zat-zat gizi tersebut terdapat antibakteri yang dapat membunuh pseudomonas aeruginosa, dan escherichia coli (penyebab diare). Senyawa scopoletin yang banyak terdapat pada mengkudu selain bersifat antibakteri, antiradang dan antialergi, juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Khasiat mengkudu dalam mengontrol penyakit tekanan darah tinggi ada pada kandungan scopoletin-nya. Zat ini bermanfaat melebarkan pembuluh darah yang menyempit, sehingga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam jangka panjang mengkudu dapat menjaga stabilitas tekanan darah normal pada penderita diabetes.

Untuk cara mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi, pilihlah buah mengkudu yang sudah matang dan ambil airnya. Untuk mengambil air buah mengkudu, Anda bisa memblendernya. Kemudian air mengkudu di campur dengan madu dan minum setiap pagi sebelum sarapan.

loading...
Loading...
Buah Mengkudu atau Pace Bisa untuk Mengobati Darah Tinggi | lawas | 4.5