Loading...

Biar Hemat Memori, Simpan Aplikasi Android di Memori Eksternal dengan 3 Aplikasi Ini

Biasanya, saat menginstall aplikasi maka sistem akan meminta untuk menyimpannya di memori internal. Bagi yang memiliki memori internet cukup besar mungkin bukan masalah besar, namun bagaiaman bila ternyata hp Android anda hanya memiliki memori internal kecil, hanya cukup untuk beberapa aplikasi kecil?

Tenang saja, anda tidak perlu khawatir. Dengan memilih salah satu dari 3 aplikasi berikut ini, anda bisa memindahkan aplikasi pada memori internal ke dalam kartu microSD. Dengan cara ini maka anda akan bisa lebih memaksimalkan memori internal pada Android yang anda pakai saat ini.

1. Move Apps (Apps 2 SD)
Aplikasi Android yang dibuat oleh ProbComp ini berguna untuk memindahkan aplikasi yang berukuran besar dari memori internal di dalam smartphone dan tablet Android ke dalam kartu microSD. Move Apps akan menampilkan aplikasi ke dalam 4 kategori, yaitu Moveable, Phone Only, SDCard, dan All Apps.

Untuk memudahkan saat memilih aplikasi yang akan dipindahkan, Move Apps menyediakan fitur List yang secara otomatis mengatur aplikasi yang dapat dipindahkan sesuai dengan susunan abjad. Aplikasi ini juga bisa memunculkan notifikasi jika Anda memasang aplikasi baru yang dapat dipindahkan langsung ke microSD. Untuk informasi lengkap mengenai aplikasi Move Apps (Apps 2 SD), silahkan kunjungi saja halaman resminya di Google Play Store.

2. App2SD Easy
Aplikasi yang dibuat oleh Bazinga! ini menawarkan fitur dan tampilan yang lebih baik jika dibandingkan dengan Move Apps. Selain menampilkan list berisi aplikasi yang telah dipasang pada memori internal, App2SD Easy juga akan mengingatkan Anda agar tidak memindahkan aplikasi tertentu sekaligus memberikan alasannya.

Misalnya saja ketika anda memindahkan aplikasi yang memiliki widget yang sedang digunakan, App2SD Easy ini akan memunculkan peringatan bahwa widget yang terpasang tidak akan berfungsi dengan baik bila anda ingin memindahkan aplikasi utama dari widget tersebut kedalam microSD. Selain itu, aplikasi App2SD Easy ini juga telah dilengkapi dengan fitur yang dapat memindahkan lebih dari 1 aplikasi dari memori internal kedalam kartu memori microSD Anda. Untuk informasi lengkap mengenai aplikasi App2SD Easy, silahkan kunjungi saja halaman resminya di Google Play Store.

3. AppMgr III
Aplikasi ketiga ini paling lengkap dibandingkan kedua aplikasi di atas. Dengan fungsi dan fitur dasar yang sama dengan Move Apps dan App2SD Easy, aplikasi yang dibuat oleh Sam Lu ini menawarkan fungsi App Manager dan Hide App ke dalam pilihan pada menu utama aplikasi.

Menggunakan App Manager, maka anda akan bisa memindahkan aplikasi satu persatu dari memori ke dalam microSD atau beberapa aplikasi sekaligus (batch move apps). Anda juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk menghapus aplikasi yang tidak diinginkan dengan batch uninstalling. Penghapusan atau pembersihan cache juga bisa dilakukan dengan fitur Batch Cache Cleaning. Untuk informasi lengkap mengenai aplikasi AppMgr III, silahkan kunjungi saja halaman resminya di Google Play Store.

Itulah informasi tentang beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan untuk memindahkan aplikasi dari internal memori ke memori eksternal. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.

loading...
Loading...
Biar Hemat Memori, Simpan Aplikasi Android di Memori Eksternal dengan 3 Aplikasi Ini | akbar | 4.5