Loading...

Berbagai Resep Obat Batuk Tradisional

Gambar Orang Batuk. Obat Batuk Herbal, Obat Batuk Alami, Obat Batuk TradisionalBatuk sebenarnya bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan suatu mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Batuk terjadi karena adanya rangsangan tertentu, misalnya saja karena debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

Berikut ini adalah beberapa ramuan obat batuk herbal tradisional yang bisa Anda coba.

1. Siapkan serbuk buah adas sebanyak 5 g diseduh dengan 1/2 cangkir air mendidih. Setelah dingin disaring, tambahkan 1 sendok teh madu. Aduk sampai merata, minum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari, sampai sembuh.

2. Siapkan daun saga 1/4 genggam, bunga kembang sepatu 2 kuntum, daun poko 1/5 genggam, bunga tembelekan 10 kuntum, bawang merah 2 butir, adas 1 sendok teh, pulosari 1 jari, rimpang jahe 1 jari, gula merah 3 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin disaring, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

3. Ambil setangkai daun lidah buaya, lalu kita ambil lendirnya. Campur dengan madu murni. Minum tiga kali sehari sebanyak 1 sendok makan untuk orang dewasa dan 1 sendok teh untuk anak-anak.

4. Ambil satu ruas tebu hitam yang sudah cukup tua, jangan dikupas kulitnya. Masukkan tebu tersebut kedalam abu hangat atau panas sekitar 10-15 menit, sampai hangus. Ambil tebu dan kupas. Makan tebu tersebut seperti Anda makan tebu pada umumnya. Lakukan berulang-ulang.

5. Siapkan daun waru muda 5 gram, belimbing wuluh 10 gram, garam dapur 1 gram. Semua bahan dijadikan satu dan hancurkan sampai lumat. Beri dua gelas air panas (diseduh), kemudian saring ambil airnya. Selanjutnya minum air ramuan tersebut 3 kali sehari. ( pagi, siang dan malam).

6. Ambil jeruk nipis yang sudah cukup tua, kemudian peras untuk diambil airnya, beri sedikit minyak kayu putih dan kapur sirih. Gosokkan ramuan tersebut pada bagian punggung, dada dan leher penderita batuk.

7. Siapkan jeruk nipis masak 1 buah, buah mengkudu 1 buah (yang hampir masak) dan kapur sirih 3 gram. Cara menggunakannya; Kupas buah mengkudu, lalu ditumbuk dan ambil airnya. Jeruk nipis dibelah jadi dua, kemudian peras dan ambil airnya. Selanjutnya air perasan jeruk nipis, buah mengkudu dan kapur sirih dimasukkan kedalam wadah yang berisi air panas dua gelas, aduk-aduk supaya tercampur rata, selanjutnya disaring dan ambil airnya. Minum air ramuan tersebut 3 kali sehari (pagi, siang dan malam).

loading...
Loading...
dp bbm kembang tebu

Berbagai Resep Obat Batuk Tradisional | chsa | 4.5