Loading...

Berbagai macam penyakit dan pantangannya

Makanan memang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia untuk bertahan hidup. Namun ketika penyakit menyerang tentu kita tidak boleh asal dalam memilih makanan apa yang masuk ke dalam tubuh. Salah-salah makanan yang kita konsumsi malah membuat rasa sakit lebih meningkat dan memperparah penyakit yang diderita. Makanan bisa menjadi musuh bagi orang yang sedang mengidap penyakit tertentu, dengan menghindari makanan yang menjadi pantangan tersebut kita juga telah melakukan tindakan pencegahan agar penyakit yang diderita tidak menjadi kambuh atau semakin parah.

Berikut ini adalah berbagai jenis penyakit dan makanan yang menjadi pantangannya.

1. Influenza

Berbagai gejala influenza seperti flu, pilek dan hidung tersumbat biasanya disebabkan oleh polusi, perubahan iklim atau makanan yang kurang cocok. Makanan atau minuman dingin seperti es krim dan minuman yang dicampur batu es tentu akan semakin memperparah penyakit tersebut.

2. Batuk

Jika anda sedang batuk hindarilah makanan pedas atau garing dan terlalu berminyak seperti gorengan dan kacang karena hanya akan membuat tenggorokan semakin gatal. Minuman dingin juga sebaiknya disingkirkan dari daftar menu makanan anda.

3. Maag

Maag biasa terjadi karena telat makan sehingga meningkatkan kadar asam di dalam lambung. Jauhi minuman berkafein, minuman berkarbonasi serta makanan pedas. Makanan yang terlalu asam juga akan menusuk lambung seperti susu atau jeruk.

4. Migrain

Konsumsi rokok dan minuman beralkohol biasanya menjadi penyebab utama migrain. Minuman berkafein seperti teh dan kopi serta makanan yang terlalu mengandung pengawet dan zat aditif seperti MSG(Monosodium Glutamat) juga sebaiknya harus dihindari.

5. Anemia

Kurangi minuman berkafein seperti teh, kopi dan minuman ringan lainnya. Minuman beralkohol juga sebaiknya dihindari karena kedua zat ini bisa mengikat darah dan membuat peredarannya menjadi tersumbat.

6. Asma

Anda yan mengidap asma harus menghindari berbagai macam olahan susu seperti keju, yogurt dan produk susu lainnya karena akan meningkatkan produksi lendir berlebih dalam tubuh. Selain itu telur, gandum, kacang-kacangan dan berbagai olahan laut juga harus dihindari.

Hidup sehat memang menjadi pilihan semua orang karena kesehatan itu mahal harganya. Dengan menghindari makanan yang membuat penyakit semakin parah tentu akan membuat tubuh menjadi lebih fit. Karena itu jagalah kesehatan dengan banyak berolahraga dan istirahat yang cukup serta asupan makanan yang tepat.

loading...
Loading...
Berbagai macam penyakit dan pantangannya | akbar | 4.5