Loading...

Beberapa persiapan sebelum berangkat liburan

Liburan memang menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang setelah sibuk bekerja sepanjang waktu. Dengan berlibur tubuh akan terasa bugar dan lebih sehat sebelum melanjutkan kembali aktifitas sepert sedia kala. Mulai dari liburan di tempat yang dekat seperti dalam atau luar kota sampai liburan yang jauh seperti melencong ke mancanegara dapat menjadi pilihan berlibur yang menyenangkan. Anda hanya tinggal memilih jenis liburan apa yang cocok untuk anda.

Namun sebelum pergi berlibur, tentunya ada beberapa persiapan liburan yang harus anda perhatikan. Berikut ini adalah beberapa persiapan sebelum keberangkatan vacation yang sebaiknya anda lakukan agar waktu berlibur terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Bajet liburan

Sesuaikan liburan dengan bajet yang anda miliki. Bila ada anggota keluarga yang harus anda tanggung, persiapkanlah dananya secermat mungkin, apalagi jika anda membawa orangtua atau anak kecil yang terkadang membutuhkan biaya tak terduga selama perjalanan.

Patut untuk diingat, jangan memaksa untuk berlibur ke tempat yang melebihi bajet karena hal tersebut bisa mempengaruhi finansial anda di kemudian hari.

Akomodasi & transportasi liburan

Transportasi apa yang anda gunakan dalam liburan tersebut, apakah kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan tersebut sudah siap digunakan untuk menempuh perjalanan jauh. Namun bila menggunakan transportasi publik seperti kereta atau pesawat terbang, pesanlah tiket perjalanan terlebih dahulu dan pastikan untuk mengecek ulang jadwal keberangatannya.

Reservasi hotel dan penginapan juga bisa anda lakukan dari jauh hari sebelum keberangkatan. Jangan lupakan akomodasi lainnya seperti sewa mobil bila diperlukan. Konfirmasi kembali seluruh pesanan anda selama liburan agar tidak terjadi kesalahan atau pembatalan sepihak.

Lokasi liburan

Pilih lokasi liburan atau destinasi wisata yang sudah anda setujui bersama keluarga atau sahabat-sahabat anda. Bila perlu catat dalam agenda ke tempat mana saja yang ingin anda tuju, transportasi untuk menuju kesana serta aktifitas apa saja yang dilakukan. Tentu saja keamanan dan kenyamanan juga harus dinomorsatukan dalam kegiatan wisata anda.

Lama liburan

Ambil waktu liburan yang tepat dan tidak menggangu jadwal kerja. Bila perlu anda bisa memanfaatkan jumlah cuti dan mengakumulasinya untuk waktu liburan anda. Namun bila jumlah cuti anda terbatas, siasatilah dengan tambahan dua hari weekend atau memanfaatkan hari libur nasional dan cuti bersama.

loading...
Loading...
Beberapa persiapan sebelum berangkat liburan | akbar | 4.5