Loading...

Bahaya Mengonsumsi Bawang Merah Secara Berlebihan

Manfaat dan Bahaya Mengonsumsi Bawang MerahBawang merah merupakan salah satu bumbu penyedap masakan yang hampir selalu disertakan dalam setiap masakan Indonesia. Selain sebagai bumbu untuk memberikan rasa sedap masakan, bawang merah juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Namun demikian, perlu diketahui bahwa bawang merah justru bisa menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan bila cara mengolahnya salah.

Bawang merah baik untuk dikonsumsi karena dalam bawang merah terkandung vitamin C, kalium, serat, asam folat, kalsium dan zat besi. Selain itu, dalam bawang merah juga terkandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin.

Selain digunakan sebagai bumbu penyedap masakan, bawang merah juga bisa menjadi obat tradisional karena kandungan efek antiseptik dan senyawa alliin yang ada di dalamnya. Senyawa ini oleh enzim alliinase selanjutnya akan diubah menjadi asam piruvat dan alliisin sebagai antri mikroba yang bersifat bakterisisida.

Walau bawang merah punya banyak manfaat dan khasiat, namun anda perlu berhati-hati juga dalam menggunakannya. Pasalnya bawang merah memiliki kelembapan berlebih yang bisa mengakibatkan pusing, menggelapkan penglihatan, migrain, sakit kepala, dan juga mengakibatkan gas. Tidak hanya itu saja, apabila terlalu banyak mengonsumsi bawang merah maka bisa menyebabkan bau mulut dan juga napas.

loading...
Loading...
bahaya bawang merah, bahaya bawang goreng, efek samping konsumsi bawanh goreng berlebih

Bahaya Mengonsumsi Bawang Merah Secara Berlebihan | chsa | 4.5