Loading...

Bahaya mengonsumsi banyak gula

Banyak orang menggemari makanan manis atau yang mengandung banyak gula. Namun patut diketahui bahwa mengonsumsi terlalu banyak gula akan membawa dampak buruk dan berbahaya bagi kesehatan dan kecantikan. Mulai dari alasan kesehatan gigi, meningkatnya kadar gula darah, penuaan dini, serta yang lainnya bisa disebabkan karena banyaknya konsumsi makanan atau minuman manis.

Bagi Anda penyuka penganan manis, berikut ini adalah alasan mengapa Anda harus mengurangi konsumsi gula mulai saat ini.

1. Resiko obesitas
Makanan manis mengandung kalori tinggi yang pastinya menjadi salah satu sumber energi untuk manusia. Namun kalori dalam gula ini sulit dibakar dan dihilangkan sehingga mudah berubah menjadi timbunan lemak. Karena itu jika anda gemar makan dan minum yang manis-manis, berhati-hatilah pada risiko obesitas.

2. Pankreas tak sehat
Konsumsi gula yang berlebihan dan terjadi dalam jangka waktu lama dapat berakibat buruk pada kesehatan pankreas. Bila Anda tidak mencerna makanan kaya gula tersebut dengan benar, maka kesehatan pankreas akan terkena dampaknya.

3. Mudah lelah
Kandungan gula yang tinggi dalam makanan akan menghasilkan banyak energi seketika, namun juga meningkatkan kadar gula dalam darah dalam seketika. Efeknya, kondisi tubuh bisa dengan cepat berubah, atau dinamakan hyperglicemia. Yaitu kadar gula menurun drastis dan Anda menderita kelelahan yang sangat.

4. Bakteri masuk
Bakteri sangat menyukai makanan yang mengandung gula dan pemanis buatan. Karena itu makanan manis yang menempel di gigi mudah sekali jadi sarang bakteri sehingga menyebabkan karang atau ggi berlubang.

5. Penuaan dini
Sebuah penelitian mengungkapkan, kadar gula yang tinggi dalam tubuh dapat memicu terjadinya penuaan dini, kulit mudah berkeriput, serta timbulnya jerawat. Karena itu agar terlihat awet muda, mulailah kurangi konsumsi gula.

Loading...
Bahaya mengonsumsi banyak gula | akbar | 4.5