Loading...

Bahaya Makanan Pedas: Bisa Sebabkan Radang Lambung

Manfaat makanan pedas salah satunya adalah bisa meningkatkan nafsu makan. Tapi hati-hati, karena mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan bisa menimbulkan berbagai masalah pada pencernaan. Radang lambung adalah salah satu masalah yang bisa muncul karena makan makanan pedas.

Orang-orang biasa menambahkan bumbu pedas untuk meningkatkan rasa pada masakan. Namun setelah bahan makanan tersebut mencapai pencernaan ternyata bisa menyebabkan iritasi pada lapisan mukosa lambung. Seperti yang dikutip dari Healthmeup, bumbu seperti rempah-rempah pedas bisa meningkatkan sekresi asam serta mengurangi kekuatan penghalang mukosa gastritis.

Rempah-rempah memang mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin, tapi kalau terlalu banyak nutrisi juga bisa berbahaya. Bahaya yang muncul jika mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan adalah bisa menyebabkan berbagai masalah pencernaan. Misalnya saja kelebihan asam pada lambung yang dapat merusak dinding lambung, gastritis akut yang menyebabkan peradangan, luka pada lapisan mukosa di usus kecil, dan bahkan makan makanan pedas juga bisa menjadikan seseorang terkena insomnia.

Kalau Anda ingin mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya konsumsilah sebagai makanan utama. Selain itu hindarilah mengonsumsi makanan dengan kombinasi makanan berminyak dan pedas karena itu bisa meningkatkan sekresi asam. Selanjutnya, minum susu utnuk menetralkan asam lambung.

loading...
Loading...
Bahaya Makanan Pedas: Bisa Sebabkan Radang Lambung | lawas | 4.5