Loading...

Bahan Herbal Untuk Mengobati Nyeri Lambung

Nyeri lambung biasanya timbul karena tukak di selaput lendir lambung, hal itu karena asam lambung yang berlebihan. Kadang-kadang tukak itu mengeluarkan darah sehingga penderita bisa muntah darah. Tukak bisa juga menembus dinding usus sehingga terjadi peradangan selaput perut. Nyeri lambung bersifat menahun dengan rasa yang sakit bisa hilang-timbul. Perasaan sakit seperti ada yang menggigit-gigit di daerah lambung dan menjalar ke punggung (Oswari, 1995).

Saat ini sudah banyak obat untuk membantu penyembuhan nyeri lambung. Obat tersebut bisa menetralkan asam lambung dan mengurangi produksi asam lambung. Sehingga mengurangi rasa sakit akibat iritasi atau kekejangan otot pada dinding lambung.

Selain menggunakan obat farmasi untuk mengobati nyeri lambung, kita juga bisa mengobati nyeri lambung menggunakan makanan dan minuman dari bahan herbal. Beberapa bahan herbal yang bisa digunakan untuk mengurangi gejala nyeri lambung seperti:

1. Kunyit
Rempah yang satu ini juga bisa mengurangi dan mencegah gangguan lambung. Kunyit bisa menurunkan kadar asam lambung sehingga mencegah terjadinya nyeri.

Kandungan kurkumin dan minyak atsiri dalam kunyit bisa menjadi antioksidan dan antiradang yang melindungi lambung.

2. Jahe
Tak cuma untuk bumbu masakan, jahe juga bisa mengatasi berbagai keluhan penyakit. Salah satunya adalah gangguan lambung seperti perut kembung, mual dan nyeri lambung.

Jahe bisa melindungi sistem pencernaan dan menurunkan tingkat keasaman lambung. Senyawa aseton dan methanol pada jahe bisa menghambat terjadinya iritasi pada saluran pencernaan, sehingga mencegah terjadinya gangguan lambung.

3. Susu kedelai
Kadar isoflavon dalam kedelai membantu memperbaiki lapisan lambung yang disebabkan iritasi. Isoflavon juga bisa melindungi sistem kerja lapisan lambung dan meningkatkan imunitasnya. Dengan rajin mengonsumsi sari kedelai, gangguan nyeri lambung akan berkurang.

4. Brokoli
Beberapa tahun lalu, penelitian di Jepang mengungkapkan manfaat brokoli atasi nyeri lambung. Sayuran hijau ini mengandung bahan sulforaphane (SFN). Bahan itu bisa mengurangi populasi kuman H. pylori yang ada dalam lambung. Kuman tersebut bisa mengganggu kerja lambung dan bahkan memicu kanker lambung.

“Mengonsumsi brokoli bisa mengurangi jumlah H. pylori dalam lambung, ” kata Akinori Yanaka, dari University of Tsukuba, Jepang.

5. Grapefruit
Buah sejenis jeruk bali ini kaya vitamin C sebagai antioksidan. Selain itu, ekstrak biji grapefruit ternyata bisa mengatasi gangguan lambung. Terapi ekstrak biji grapefruit bisa menurunkan kadar asam lambung dan mengatasi iritasi. Ekstrak biji grapefruit itu juga mampu mempercepat aliran darah di area luka lambung, sehingga mempercepat penyembuhan.

loading...
Loading...
jeruk kino, terong belanda untuk asam lambung, dp bbm sakit magh, posisi lanbung saat, manfaat kolang kaling untuk sakit lambung, manfaat kolang kaling untuk asam lambung, makan kolang kaling untuk asam lambung, kacang tanah untuk penderita asam lambung, kacang tanah buat asam lambung, kacang tanah baik untuk asam lambung, dp sakit asam lambung, dp bbm sakit lambung kambuh, asam lambung boleh makan kolang kaling, apakah shabu sebabkan asam lambung, Apakah biawak bisa mengobati lambung maag, apa manfaat kacang tanah untuk lambung?

Bahan Herbal Untuk Mengobati Nyeri Lambung | lawas | 4.5