Loading...

Bagaimana caranya tetap bekerja sambil mengurus anak

Wanita karir yang sudah berkeluarga dan memiliki anak tentu harus membagi konsentrasinya antara bekerja dan mengurus anak. Bahkan saat menikah dan mengandungpun juga harus mulai dibagi prioritas tersebut karena bekerja saat masih single dan berkeluarga adalah dua hal yang berbeda. Saat anda sudah memiliki anak, peran sebagai ibu dan juga wanita karir harus dijalani secara bersamaan, apalagi jika anak anda masih kecil dan membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari orangtua. Jika anda masih mengalami kesulitan dalam membagi tugas antara bekerja dan mengurus anak, sebaiknya perhatikan beragam tips berikut ini.

1. Beri waktu

Sesibuk apapun anda luangkanlah sedikit waktu untuk memberikan perhatian pada anak. Di pagi hari sempatkanlah membangunkan anak untuk pergi ke sekolah dan membuatkan sarapan. Ketika pulang kerja dan saat santai anda juga bisa menyisihkan waktu berkumpul bersama keluarga untuk mendengarkan cerita mereka. Perhatian yang anda berikan tentu tak ternilai harganya dan sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

2. Titipkan pada orang kepercayaan

Hal ini berlaku jika anda masih memiliki anak yang masih baby. Saat usianya belum setahun tentu anda membutuhkan seseorang yang bisa membuatkan susu atau mengganti popok. Dengan menggunakan babysitter atau asisten rumah tangga yang bisa dipercaya tentu bisa menjadi pilihan. Opsi lain adalah dengan menitipkannya pada saudara atau orangtua jika mereka memang sempat dan memiliki waktu untuk mengurus anak anda.

3. Berkomunikasi

Komunikasi sudah menjadi kebutuhan masyarakat saat ini, bahkan teknologi yang semakin berkembangpun sudah dimengerti oleh anak batita maupun balita. Ya, anak zaman sekarang jauh lebih canggih ketimbang anak zaman dulu. Tentu saja hal ini bisa dimanfaatkan agar tetap saling terhubung dengan anak anda. Waktu senggang di kantor bisa digunakan dengan menelepon atau chat via messenger untuk sekedar menanyakan kabar atau mengecek apakah ia sudah membuat tugas dari sekolahnya.

Anak yang masih kecil tentu membutuhkan perhatian dan kasih sayang anda sebagai orangtua. Selain itu tumbuh kembangnya sang anak juga ditentukan oleh seberapa intensnya anda memberi perhatian dan mendidiknya. Aktivitas kerja yang melelahkanpun bisa hilang sekejap saat melihat senyum di wajah anak anda. Dan sebagai orangtua memang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk mendidiknya dengan penuh cinta kasih.

loading...
Loading...
Bagaimana caranya tetap bekerja sambil mengurus anak | akbar | 4.5