Loading...

Bagaimana cara memberikan pendidikan moral secara tepat?

Perkembangan zaman membuat banyak anak muda yang bahkan masih berusia belasan tahun sudah terlibat dengan pergaulan bebas. Tawuran antar pelajar, kebut-kebutan, seks bebas, narkoba, obat-obatan terlarang sampai dunia malam seperti sudah menjadi ciri khas anak-anak muda saat ini. Bila sudah terjadi, siapa yang patut disalahkan? Keluarga, instistusi pendidikan atau anak yang bersangkutan?

Kita tidak bisa menyalahkan siapapun karena tentu saja sebagai orangtua kitalah orang pertama yang harus bertanggung jawab terhadap tingkah laku anak kita. Dan untuk tetap pada jalur yang benar sebagai remaja yang positif, keluarga adalah lingkungan pertama yang harus membantu pertumbuhan anak baik akhlak maupun moralnya. Bagaimana cara memberikan pendidikan moral yang baik, simak uraiannya.

Beri pendidikan agama

Pendidikan moral lekat sekali dengan pendidikan agama. Bukan berarti anak anda harus menjadi pribadi yang terlalu religius namun setidaknya ia tahu ada hal-hal yang harus dihindari menurut ajaran agama dan keyakinannya. Tentunya pendidikan agama sebaiknya diberikan sejak ia kecil agar membentuk kepribadiannya saat dewasa kelak.

Belajar lebih giat

Salah satu alasan mengapa banyak remaja yang jatuh dalam pergaulan negatif adalah karena mereka malas belajar. Tak harus menjadi kutu buku, namun setidaknya jika anak anda rajin belajar maka dengan sendirinya pendidikan moral akan berpengaruh pada perkembangan karakternya kelak.

Pergaulan yang tepat

Tegaskan padanya bahwa ia harus pandai-pandai dalam memilih pergaulan. Kepribadian yang baik sekalipun jika terjerumus pada lingkungan pergaulan yang salah pada akhirnya akan mengakibatkannya terjatuh dalam pergaulan bebas. Karena itu sebagai orangtua anda harus menjelaskan bahwa sebaiknya ia mencari lingkungan pergaulan yang positif dan lebih sehat.

Kebebasan yang bertanggung jawab

Jangan sekali-sekali mengekang anak anda. Berikan ia keebasan, namun kebebasan yang lebih bertanggung jawab. Semakin ia dewasa maka ia akan memiliki pola pikir yang lebih matang. Biarkan ia memilih jalan hidupnya sendiri demi menemukan jati diri. Pastikan bahwa hal-hal yang dilakukannya itu bertujuan positif dan jangan lupa untuk memberikannya arahan dan tuntunan yang tepat.

loading...
Loading...
Bagaimana cara memberikan pendidikan moral secara tepat? | akbar | 4.5