Loading...

Bagaimana cara memberi izin pacaran kepada anak?

Usia pubertas atau ketika mencapai akil balig memang menjadi momen dimana anak anda akan mulai merasakan ketertarikan terhadap lawan jenis. Rasa khawatir terhadap anak memang menjadi suatu hal yang wajar. Karena itu tak heran banyak orangtua yang melarang anaknya untuk berpacaran sampai ia sudah dewasa. Tentunya hal ini akan berakibat buruk karena anak merasa dikekang dan mencoba jalan lain seperti backstreet.

Sebagai orangtua, mungkin anda takut buah hati anda terjebak dalam pergaulan yang salah. Namun kita juga sebaiknya membebaskannya dalam menentukan pilihan. Jangan lupa untuk memberikan syarat dan arahan agar ia tidak salah dalam menentukan pilihan. Berikut ini adalah cara bagaimana memberikan izin pacaran untuk anak anda.

1. Pastikan ia sudah dewasa

Dewasa bukan berarti ia harus berusia cukup atau sedkit lebih tua. Kedewasaan dalam bertindak dan pola pikir akan membuatnya mengerti akan rasa kekhawatiran anda terhadapnya dan menggunakan kebebasan dalam berpacaran dengan lebih bertanggung jawab. Untuk mengecek kadar kedewasaanya, cobalah berdiskusi dan meminta pendapatanya perihal pacaran di bawah umur. Namun jangan mencoba menjudge atau melarangnya, anda hanya sekedar meminta pendapatnya saja.

2. Beri pendidikan moral dan agama yang baik

Agar tidak terjerumus pada hal-hal yang tidak diinginkan, pendidikan moral harus diajarkan sejak dini dalam ruang lingkup keluarga. Selain itu memberikan pendidikan agama agar ia menjauhi dosa dan taat beribadah tentu akan membuat gaya pacarannya menjadi lebih sehat. Bisa saja ia juga akan menemukan sesorang yang sepikiran dengannya sehingga anda akan merasa sedikit lebih tenang.

3. Beri syarat khusus

Tanamkan padanya bahwa pendidikan tetaplah penting. Jangan sampai pacaran membuat studinya menjadi terbengkalai. Selain itu anda juga bisa membuat aturan jam malam untuk sedikit membatasi pergaulannya. Patut diingat bahwa anda tidak harus selalu memberikan banyak syarat agar ia tidak merasa risih dan terganggu. Berikan ia kebebasan, namun kebebasan yang bertanggung jawab.

Itulah beberapa tips sebelum memberikan izin kepada anak anda untuk berhubungan dengan lawan jenis. Apakah ia sudah siap untuk mendapatkan izin tersebut atau belum?

loading...
Loading...
Bagaimana cara memberi izin pacaran kepada anak? | akbar | 4.5