Loading...

Apakah perlu memberikan anak sebuah gadget sejak usia dini?

Perkembangan teknologi memang sudah semakin maju, mulai dari orang dewasa sampai anak kecilpun sudah mengerti cara menggunakan gadget. Tak jarang banyak orang dewasa yang sudah tertinggal dan kalah jauh oleh anak-anak yang belum genap balita dalam mengutak-atik sebuah gadget. Saat ini kita pasti sudah sering melihat banyak anak yang masih bocah tapi sudah sangat lihai dalam memainkan smartphone atau tablet pc.

Sebagai orangtua tentu kita juga harus bijak ketika ingin memberikannya gadget untuk anak yang masih kecil. Sebelum memberikannya, sebaiknya anda harus perhatikan tips-tips berikut ini.

  1. Apa tujuan anda memberikan sebuah gadget? Untuk sekedar bermain game atau agar anak anda tidak ketinggalan jaman oleh anak lainnya. Sebelum memberikannya, tentukan tujuan terlebih dahulu agar tidak terjadi penyalahgunaan dari barang yang anda berikan tersebut.
  2. Batasi penggunaan gadget tersebut. Jika anak masih sekolah tentunya anda harus memberikan prioritas untuk belajar terlebh dahulu baru kemudian memainkan gadget. Ingat belajar sangat penting untuk anak, namun jangan lupa kodrat anak kecil untuk bermain.
  3. Selain membatasi anda juga harus mengawasi ketika anak anda menggunakan gadget terutama ketika berselancar di dunia maya. Berikan arahan agar ia membuka situs-situs bermanfaat yang bersifat edukatif, jangan sampai ia membuka situs-situs yang tidak seharusnya dan belum sesuai dengan usianya.
  4. Jauhkan gadget dari anak anda jika tidak dipakai. Selain bermanfaat untuk tidak menggangu konsentrasinya, gadget juga memiliki radiasi berbahaya bagi pertumbuhan anak jika diletakkan terlalu dekat atau terus dibawa olehnya. Berikan pengertian bahwa terlalu sering bermain gadget kurang baik untuk dirinya maupun kesehatannya. Misalnya anak jadi sering makan sambil bermain gadget, tentu ini bukanlah hal yang baik bukan.

Memberikan sebuah gadget kepada anak sebenaranya sah-sah saja, namun anda juga harus membatasi dan mengawasi agar gadget tersebut tidak disalahgunakan olehnya. Pastikan bahwa anak anda sudah cukup dewasa dan mengerti bagaimana cara menggunakan gadget dengan baik dan benar.

loading...
Loading...
Apakah perlu memberikan anak sebuah gadget sejak usia dini? | akbar | 4.5