Loading...

Anda mengalami anemia? Konsumsi 7 makanan ini

Anemia atau kurang darah kerap dialami oleh beberapa orang, terutama wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Anemia pun menunjukkan bahwa tubuh memiliki hemoglobin atau sel darah merah yang jumlahnya di bawah angka normal. Menjaga kadar darah agar tetap stabil pun diperlukan agar peredaran oksigen dan nutrisi di dalam darah menjadi lancar sehingga tubuh tidak lemas, lekas lelah atau menjadi pucat.

Jika mengalami anemia, solusinya adalah dengan mengonsumsi suplemen penambah darah. Namun jika ingin mendapatkannya dari bahan alami, beberapa makanan ini juga bisa menjadi alternatif untuk memicu produksi hemglobin di dalam darah.

1. Oatmeal
Makanan yang biasa dikonsumsi saat sarapan ini sangat baik dalam menjaga kesehatan darah. Seratnya yang tinggi dapat mengurangi kolesterol dalam darah dan melancarkan proses distribusi oksigen serta nutrisi.

2. Brokoli
Selain kaya dengan antioksidan dan zat anti kanker, brokoli dapat membantu agar terhindar dari anemia. Sebaiknya sayuran hijau ini diolah dengan cara dikukus agar nutrisinya tidak hilang.

3. Kismis
Penganan yang terbuat dari hasil fermentasi anggur ini juga kaya zat besi yang mendorong tubuh memroduksi sel darah merah. Konsumsilah kismis saat sarapan atau sebelum memulai aktifitas.

4. Kurma
Buah kurma kaya dengan gula alami dan zat besi. Mengonsumsi kurma secara rutin 1-2 butir setiap hari akan menjaga kadar hemoglobin agar tetap stabil.

5. Hati
Hati ayam atau sapi merupakan sumber zat besi penambah darah. Mengonsumsi hati dan daging merah juga baik untuk membantu mencegah anemia.

6. Pisang
Kadar kalium tinggi pada pisang dapat membantu mengatasi kekurangan darah. Selain itu, kalium juga memiliki manfaa lain untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke.

7. Delima
Buah dengan warna merah pekat ini mengandung zat besi yang tinggi. Ini berguna untuk mengatasi kekurangan darah dan membantu mempertahankan jumlahnya secara normal.

Itulah tujuh makanan untuk mengatasi anemia yang bisa anda masukkan dalam menu diet harian anda.

loading...
Loading...
Anda mengalami anemia? Konsumsi 7 makanan ini | akbar | 4.5